SOLOPOS.COM - Selvi Ananda ketika memenangi ajang Putra Putri Solo 2009. (Twitter/@@Irenecutemom)

Solopos.com, SOLO — Istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda, menyampaikan harapan dan pesan kepada 20 finalis ajang Pemilihan Putra Putri Solo 2021. Seperti diketahui, Selvi Ananda merupakan Putri Solo 2009.

Kepada wartawan, Rabu (3/11/2021), Selvi Ananda berharap ajang Putra Putri Solo bisa bermanfaat bagi Kota Solo. Utamanya, agar yang terpilih nanti bisa benar-benar menjadi duta pariwisata Kota Bengawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Harapannya banyak partisipasi dari muda-mudi Solo untuk jadi duta wisata Kota Solo, memajukan Kota Solo,” katanya. Diberitakan sebelumnya, Dinas Pariwisata Kota Solo telah mengumumkan sepuluh pasang finalis Putra-Putri Solo 2021. Mereka telah melalui sejumlah tahapan seleksi sejak 1 November lalu.

Sepuluh finalis Putra Solo tersebut meliputi Adimas Bayu Saputra, Alfian Arief Billah Sulistyoseno, Ananditho Hernando Syahputra Ariyanta, dan Demas Dharmawan. Kemudian, Fernanda Januar Yudiyanto, Gerry Yuniar, Hafizt Bagus Pambudi, dan Harjuna Surya Adhi Pamungkas, Satrio Wahyu Priambodo dan Timor Fathahila.

Baca Juga: Ini Daftar 20 Finalis Putra-Putri Solo 2021, Siapa yang Akan Menang?

Sedangkan sepuluh finalis Putri Solo terdiri dari Agatha Cusnatya Putri, Auriel Inka Bella Permata, Azzahra Jelita Kusuma Pamilih, dan Dyah Ayu Ramadhani. Berikutnya, Estrelita Andriana Prima Ragaza, Leony Candra Kirana, dan Natasha Fadilla Rizky. Terakhir, Olivia Firdaus, Yohana Eva Allegra Sabatini Angkuw, dan Yosephin Yayi Utari.

Digelar Secara Hybrid

Malam penghargaan atau grand final Putra Putri Solo akan dilaksanakan pada Sabtu (13/11/2021) secara hybrid (daring dan luring). Ketua Panitia Pemilihan Putra Putri Solo, RAy Febri Hapsari Dipokusumo, mengatakan pemilihan dimulai dengan tes tertulis pada Senin (1/11/2021).

Tes tertulis terdiri dari pengetahuan umum, kepariwisataan, kepribadian, budaya, psikologi, bahasa Inggris, dan public speaking. Kemudian pada Selasa (2/11/2021) dilakukan tes wawancara dan bakat, lalu pengumuman 20 finalis berlangsung pada Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: 10 Jabatan Eselon II Pemkot Solo Dilelang, Ini Yang Paling Diminati

“Finalis akan mengikuti pembekalan sebagai persiapan malam final. Pembekalan meliputi banyak hal. Wali Kota menekankan tentang kemampuan literasi digital, mengikuti perkembangan zaman, apa yang dibutuhkan kota ini, membantu pemerintah dalam promosi pariwisata, serta mampu menjadi sosok inspiratif bagi remaja di Solo,” ucapnya, Senin (1/11/2021) malam.

Total 141 Pendaftar

Tema yang diambil dalam Pemilihan Putra Putri Solo 2021 yang kali pertama digelar pada masa Wali Kota Gibran Rakabuming Raka adalah Hanggayuh Kuncaraning Nagari. Tema itu berarti menggapai kemasyuran negeri dengan doa dan harapan agar pandemi segera berakhir sehingga bangsa kembali menuju zaman keemasan.

Baca Juga: Warga 15 Kelurahan di Kota Solo Ini Wajib Waspada, Rawan Banjir!

Panitia berharap agar Solo segara kembali kuncara atau terkenal yang berangkat dari semangat anak-anak muda, mengikuti zaman yang berubah namun hidup dan berkehidupan dengan Budaya Jawa. Febri menyampaikan saat pendaftaran 8-31 Oktober 2021 lalu total 141 peserta.

Jumlah terdiri atas 49 putra dan 92 putri. “Jumlah ini cukup membahagiakan ya, karena sosialisasi dilakukan singkat dan hanya melalui media sosial. Promosi terbatas karena masih pandemi Covid-19. Kalau sebelumnya sosialisasi banyak menyasar ke pusat-pusat kegiatan yang melibatkan anak muda, mulai dari kampus hingga ruang terbuka,” ucap Febri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya