SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sebastian Vettel (kiri) dan Fernando Alonso (kanan) akan bersaing ketat memperebutkan gelar juara Formula One (F-1) musim ini saat tampil pada GP Brazil di Sirkuit Interlagos, Minggu (25/11/2012). JIBI/SOLOPOS/Reuters

SAO PAOLO—Sengit dan mendebarkan. Itulah prediksi singkat Grand Prix (GP) Brazil di Sirkuit Interlagos, Minggu (25/11). Sebab, seri terakhir Formula One (F1) 2012 itu menjadi ajang penentu siapakah pembalap yang akan memegang gelar juara dunia musim ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jagoan Red Bull, Sebastian Vettel, hanya memimpin dengan keunggulan 13 poin atas saingan terberatnya asal Ferrari, Fernando Alonso. Unggul dengan poin tipis jelas akan membuat pendukung Vettel tetap merasa dag-dig-dug karena kali ini Alonso bisa memberi ancaman serius bagi pembalap Jerman itu mempertahankan gelar juara dunia.

Vettel dan Alonso sama-sama mengincar gelar juara dunia kali ketiganya. Kesalahan sekecil apapun tidak boleh mereka lakukan, karena hal itu bisa sangat menentukan hasil di lintasan.

Persaingan sengit di GP Brazil, Minggu ini, sudah tercium pada dua kali sesi latihan bebas yang digeber Jumat (23/11) waktu setempat. Pembalap McLaren yang akan pindah ke Mercedes musim depan, Lewis Hamilton, mampu merajai dua sesi kualifikasi pembuka. Sedangkan Vettel hanya mampu berada di peringkat kedua pada dua sesi latihan bebas itu. Posisi Alonso sedikit mengecewakan karena mobilnya hanya bisa mencapai waktu tercepat kelima di sesi latihan bebas pertama dan kedua.

“Sangat licin bagi siapapun, begitu panas hari ini [Jumat waktu setempat] dan beberapa hal menyangkut kondisi di trek tidak mudah,” jelas Vettel, dilansir Autosport, Sabtu (24/11).
“Jadi semua pembalap menderita problem yang sama soal trek, stabilitas dan lain-lain.  Jadi kami harus menuntaskan pekerjaan rumah kami, tidak peduli bagaimana dengan ramalan cuaca yang orang-orang katakan,” lanjut pemegang juara dunia F1 2010 dan 2011 tersebut.

Ketika disinggung kerpecayaan dirinya menjelang GP Brazil, Vettel pun sepertinya agak ragu, walaupun persiapannya sudah sangat matang bersama Red Bull. “Kita akan lihat. Sulit diketahui apa yang akan terjadi nanti. Sejauh ini, kami cukup senang. Kami telah melakukan PR dan meningkatkan mobil, namun masih ada beberapa hal yang masih mungkin terjadi,” tukas Vettel.

“Kami benar-benar tidak tahu cuaca apa yang akan kami hadapi. Hari ini sangatlah panas, besok mungkin saja kembali panas atau mungkin malah turun hujan, dan Minggu bisa agak dingin, ini adalah Sao Paolo, jadi apapun mungkin terjadi,” beber dia.

Hasil yang kurang memuaskan di sesi latihan bebas pertama dan kedua ternyata tidak membuat Ferrari ketakutan. Tim Kuda Jingkrak, julukan Ferrari, tetap optimistis pembalapnya, Alonso, bisa melakukan yang terbaik untuk merebut gelar juara dunia pembalap.

Sementara Hamilton yang berpotensi menjadi pengganggu persaingan Vettel-Alonso di GP Brazil, bertekad memberi perpisahan yang manis bagi McLaren. Pembalap berkebangsaan Inggris akan mengucap salam perpisahan kepada tim yang sudah dibelanya sejak remaja tersebut di Brazil.

“Sangat jelas, semua pembalap memiliki selisih jarak yang sangat dekat di depan. Saya pikir dia [Vettel] akan semakin dekat, namun tidak terlihat seperti satu waktu, jadi itu positif bagi kami,” tandas Hamilton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya