SOLOPOS.COM - Sebastian Vettel dengan mobil balapnya. Ist/f1fanatic.co.uk

Solopos.com, BARCELONA— Pembalap Red Bull, Sebastian Vettel, akan membalap dengan menggunakan sasis baru pada mobil RB10 miliknya di seri kelima GP Spanyol, Minggu (11/5/2014) akhir pekan ini. Meskipun bakal mengenakan peranti keras baru, tim juara Fomula One (F1) empat kali ini membantah pergantian tersebut lantaran performa buruk Vettel dalam empat seri pertama di musim ini.

“Sebastian akan mendapatkan sasis baru di Barcelona yang memang sudah dijadwalkan pergantiannya di musim ini. Selanjutnya Daniel menunggu giliran yang kemungkinan akan memakai peranti baru serupa di GP Inggris,” papar Chief Designer Red Bull, Rob Marshall, seperti dilansir Formula1, Kamis (8/5) WIB.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Marshall menjelaskan, biasanya Red Bull membuat sasis empat hingga lima buah untuk semusim. Maka dari itu, tak heran pembalapnya pun memiliki kesempatan untuk mengganti sasisnya hingga dua kali dalam semusim.

Di samping itu, pergantian ini tak semuanya dikehendaki pembalap. Pasalnya, mereka terlanjut sudah terbiasa dengan sasis lama yang kemungkinan memberi dampak positif dengan penampilannya di lintasan balap.

“Dari sudut pandang kami, kami memilih untuk memberi mereka satu atau dua sasis dalam satu musim yang sudah kami cek di pabrik terlebih dahulu dengan menggunakan berbagai jenis tes,” paparnya.

Dengan adanya perubahan yang sangat radikal soal mesin dalam F1 musim ini membuat dominasi Red Bull selama empat musim runtuh. Perannya sebagai tim sekaligus calon juara dunia terkuat beralih ke tangan tim pabrikan Jerman, Mercedes.

Sementara itu, bagi Vettel ini merupakan awal musim terburuk dalam kariernya di Red Bull. Dalam empat seri yang sudah dilakoni jagoan balap asal Jerman ini baru memetik satu podium. Itu pun di peringkat ketiga GP Malaysia lalu. Alhasil, ia tertahan di peringkat kelima klasemen sementara.

Terlebih team order yang memerintahkannya memberi jalan kepada rekannya, Daniel Ricciardo, semakin memperburuk kondisinya di GP Tiongkok lalu. Hasilnya, pembalap 26 tahun ini finis kelima dan Ricciardo di urutan keempat.

“Satu hal yang dapat Anda pastikan. Dia [Vettel] akan bekerja habis-habisan dalam setiap balapan. Tak ada pembalap yang bisa memangkas jarak hanya dengan tampil di Barcelona,” jelas Chief Red Bull, Christian Horner. (Farida Trisnaningtyas/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya