SOLOPOS.COM - Pemain Liverpool Lucas Leiva (kiri) mengganjal Leighton Baines. (JIBI/Reuters/Phil Noble)

Solopos.com, LIVERPOOL— Everton bertekad memperbaiki hasil seri dalam tiga laga terakhir mereka secara beruntun di Liga Premier musim ini dengan memetik poin penuh saat menjamu Stoke City di Goodison Park, Liverpool, Sabtu (30/11) malam WIB. Sayangnya, tim besutan Roberto Martinez itu tidak akan diperkuat Leighton Baines.

Bek kiri Timnas Inggris tersebut mengalami cedera para tulang kaki ketika Everton menahan imbang Liverpool 3-3 pada Derby Merseyside, akhir pekan lalu. Baines diperkirakan bakal absen hingga enam pekan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Absennya Baines jelas memberi pukulan telak bagi Martinez. Mengingat konstribusi Baines bagi The Toffees, julukan Everton, tidaklah sedikit. Statistik menunjukkan, pemain berusia 28 tahun tersebut selalu turun dalam 12 laga Everton di Liga Premier musim ini.
Meski berposisi sebagai bek, Baines mampu menyumbang dua gol bagi timnya.
Baines pun memiliki catatan bagus dalam akurasi operan, yakni dengan rata-rata 88,9 persen.

Ekspedisi Mudik 2024

Sontak, Martinez bisa dibuat pusing dengan absennya Baines ketika melawan Stoke. Manajer asal Spanyol tersebut baru akan mengumumkan pengganti mantan bek Wigan Athletic itu dalam sesi latihan pekan ini.

Namun, Romelu Lukaku dkk. tidak perlu khawatir berlebihan, mengingat mereka memiliki catatan bagus di Goodison Park. Sejauh ini, Everton belum terkalahkan di kandang musim ini. Bahkan, peringkat kedua klasemen sementara, Liverpool, juga dipaksa hanya membawa pulang satu poin dari markas kebesar mereka, akhir pekan lalu. Sebaliknya, Stoke 31 gagal menang dalam 34 laga tandang terakhir mereka di Liga Premier.

Everton juga mendapatkan kabar bagus mengenai perkembangan defender Antonlin Alcaraz. Dia telah dicoba dalam 45 menit ketika laga tertutup melawan Sheffield Wednesday, akhir pekan ini. Pemain Timnas Paraguay tersebut sebelumnya absen membela klub Merseyside sejak pindah dari Wigan pada Juli karena cedera hamstring. Namun, kali ini dia berpotensi melakukan laga debut dengan Everton ketika menjamu Stoke.

Martinez pun mencoba menjaga kondisi timnya tetap kondusif setelah beberapa hari terakhir strikernya, Nikica Jelavic, dirumorkan bakal hengkang dari Goodison Park. Suksesor David Moyes itu menegaskan Jelavic tetap akan menjadi bagian klubnya.

“Itu [spekulasi Jelavic] tidak mengejutkan bagiku karena Nikica Jelavic pemain bagus yang kami miliki, dia pencetak gol dan Anda bisa kesulitan jika menghadapinya dalam sebuah pertandingan,” beber Martinez, dilansir Soccerway, Jumat (29/11).

Tambahan tiga poin apabila mengalahkan Stoke, bisa membuka Everton memperbaiki peringkat mereka. Sejauh ini, The Toffees berdiri di peringkat ketujuh dengan koleksi 21 poin, menyamai koleksi Manchester United dan hanya tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen Arsenal. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya