Tutup Iklan

Jelang Diplomat Success Challenge - DSC 12, Webinar Jadi Entrepreneur Sukses

Diplomat Success Challenge (DSC) 12 dikonfirmasikan tetap hadir di 2021 ini meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

 Diplomat Success Challenge (DSC) 12

SOLOPOS.COM - Diplomat Success Challenge (DSC) 12

Solopos.com, JAKARTA  — Diplomat Success Challenge (DSC), kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia bakal kembali diselenggarakan. DSC 12 dikonfirmasikan tetap hadir di 2021 ini meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. DSC 12 membawa harapan untuk para entrepreneur Indonesia, terlebih di tengah PPKM saat ini.

“Pandemi sudah lebih dari 1 tahun, penyelenggaraan DSC XI tahun lalu merupakan bukti bahwa dunia wirausaha Indonesia tetap bergeliat dan terus bangkit. Tahun lalu kami memecahkan rekor pendaftar terbanyak hingga 15.589 submitters. Semoga DSC 12 membawa harapan baru bagi entrepreneur yang ingin terus bergerak maju mengembangkan bisnisnya,” ungkap  Program Initiator DSC 12, Edric Chandra.

DSC merupakan insiatif dari Wismilak Foundation, selama 11 tahun tidak kurang dari 60.000 proposal bisnis sudah diterima. Lebih dari Rp17 miliar hibah modal usaha telah diberikan bagi entrepreneur terpilih setiap tahunnya. Saat ini ada lebih dari 400 anggota Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang merupakan jejaring wirausaha para alumni DSC dan wadah untuk berkolaborasi.

Baca juga: UBS Turun! Cek Harga Emas Pegadaian Hari Ini, Selasa 13 Juli 2021

Webinar Menjadi Entrepreneur Sukses

Seperti tahun sebelumnya, DSC 12 kembali berkolaborasi dengan MarkPlus Institute untuk menyelenggarakan serangkaian webinar, workshop dan seminar. Dengan beragam tema bisnis dan kewirausahaan.

Webinar pertama kolaborasi DSC 12 dan MarkPlus Institute menghadirkan Keenan Pearce – Founder & Managing Director STOIK Trisula Nusantara, dan Yasa Singgih – Co-Founder & CEO Fortius, sebagai pembicara. Dengan tema “Being a Succesful Entrepreneur, What does it Take?”, Keenan dan Yasa membagikan pengalaman, value, serta tips membangun bisnis. Yang tidak hanya fokus pada profit, namun juga berdampak positif secara keseluruhan.

Kewirausahaan adalah Proses Perjalanan

Menurut Keenan Pearce, entrepreneurship atau kewirausahaan adalah lakon dalam memanifestasikan apa yang kita percaya. Juga sebagai manifestasi dari masalah yang ingin kita selesaikan. Sebelum memulai entrepreneurial journey, penting sekali untuk berproses mencari identitas diri dan bisnis yang akan dibangun.

Dalam perusahaan yang dirintisnya, yaitu STOIK Trisula Nusantara, Keenan juga mengadopsi prinsip-prinsip harmonisasi sebagai pilar bisnisnya. Pertama, harmonisasi dengan manusia lain. Kedua, adalah harmonisasi dengan alam agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Ketiga, adalah harmonisasi dengan pencipta. Agar tercipta kesadaran bahwa berkarya tidak hanya untuk mengharapkan pujian orang lain.

DSC 12
Keenan Pearce DSC 12

Baca juga: Profil Wishnutama, Pembicara Inspiratif Diplomat Success Challenge ke-10 di De Tjolomadoe Karanganyar

Tiga Kunci Utama Bangun Wirausaha

Hal ini diamini oleh Yasa Singgih. Salah satu prinsip awal dalam membangun bisnis adalah dengan menjunjung tinggi kepercayaan orang pada bisnis kita. Integritas adalah nilai yang harus dibangun. Menurut Yasa, naik turunnya bisnis adalah hal biasa, namun jika seorang entrepreneur memiliki integritas yang baik maka peluang bisnis akan selalu datang.

Bicara tentang pengalamannya membangun bisnis, Yasa Singgih telah membangun bisnis sejak usia 16 tahun. Dengan niat untuk mandiri karena tuntutan keluarga yang saat itu masih hidup dalam kekurangan. Ia sadar bahwa keluarganya tidak memiliki latar belakang bisnis, sehingga dengan modal nekat ia pun memulai bisnisnya dari bawah.

Yasa Singgih DSC 12
Yasa Singgih DSC 12

Baca juga: Waspada, Ini Cara Melindungi Isi ATM dari Bahaya Skimming

Bagaimana Model Strategi Marketing yang Terbaik?

Bicara mengenai strategi marketing, tentunya setiap industri memiliki strateginya masing-masing. Namun, baik Keenan mapun Yasa sepakat bahwa strategi marketing yang baik adalah strategi yang dapat memecahkan masalah yang dihadapi target market. Pertanyaan selanjutnya, apakah produk kita menjawab atau memecahkan masalah tersebut? Untuk itulah dalam awal membangun usaha, setiap entrepreneur tidak boleh hanya sekadar berani memulai. Tapi juga harus memiliki proses perencanaan yang matang agar produk ataupun jasa yang dimiliki dapat segera memenuhi permintaan pasar (market fit).

Dengan strategi marketing yang baik akan tercipta model bisnis yang baik pula. Dalam tahapan bisnis seperti inilah investor akan dengan lebih mudah melirik bisnis kita.

Terkait dengan masih merebaknya pandemi saat ini, salah satu strategi marketing yang wajib dilakukan bagi bisnis baru adalah strategi untuk adaptif dan jeli meraih peluang. Gunakan jalur distribusi dan promosi secara online dengan optimal, gunakan cara pemasaran ini agar skala jangkauan pasar bisa lebih luas.

Bersiap Raih Peluang Bisnismu bersama DSC 12

Pembukaan pendaftaran DSC 12 tinggal di depan mata. Saatnya para entrepreneur menyambut gelaran kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia ini. Selain menawarkan hibah modal usaha senilai Rp2 miliar, DSC 12 juga menawarkan banyak kesempatan berharga bagi wirausahawan muda untuk dapat berkembang. Antara lain pengalaman mendapatkan mentoring serta bergabung dan berkolaborasi dengan jejaring wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN).

Nantikan update pembukaan pendaftaran DSC 12 di lini masa media sosial Diplomat Success Challenge; Instagram @diplomatsukses, Facebook Wismilak Diplomat, Twitter @diplomat_sukses; serta situs diplomatsukses.com.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Meresahkan, 3.000 Situs Pinjol Ilegal Diblokir dan Dipidanakan OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan telah memblokir serta mempidanakan 3.000 situs pinjaman daring atau online ilegal.

BRI Pangkas Bunga Kredit Hingga 325 Bps, Masih Bisa Turun Lagi?

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) tetap mengkaji ulang suku bunga secara berkala dan terus membuka ruang untuk penurunan suku bunga kredit.

Beli Emas Online Lewat ATM Emas Galeri 24, Bikin Kamu Enggak Waswas!

Enggak perlu repot-repot antre untuk beli emas, kini hadir ATM Emas Galeri 24, beli emas lewat online dan langsung tarik di mesinnya!

Awal Pekan, Yuk Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 27 September 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Senin (27/9/2021) turun untuk UBS dan cenderung stagnan untuk cetakan Antam.

BPJS Watch: 9 Juta Lebih Orang Miskin Dicoret dari Program JKN

BPJS Watch menyebut lebih dari 9 juta orang miskin dicoret dari program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

BP Jamsostek Cabang Surakarta Bayar Klaim JHT 22.310 Peserta

Sebanyak 22.310 orang telah melakukan pencairan klaim JHT pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) Kantor Cabang Surakarta.

The Sunan Hotel Solo Raih Penghargaan Tourism & Creative Award 2021

The Sunan Hotel Solo berhasil meraih penghargaan Silver Champion dari ajang Planet Tourism Indonesia Award 2021 kategori Industry.

Kandungan Emas Blok Wabu Tembus Rp300 Triliun, Grasberg Freeport Kalah

Freeport Indonesia sebelumnya memastikan menarik diri terhadap pengelolaan Blok Wabu di Papua.

Potensi Ekspor Produk Halal Besar, Kendala Mengadang Masih Banyak

Indonesia sangat mampu menjadi eksportir produk-produk berkategori halal ke negara-negara yang penduduk muslimnya juga banyak.

Marak Penipuan Mengatasnamakan Galeri 24, Awas Modusnya Bikin Gampang Tergoda!

Saat ini marak penipuan online yang mengatasnamakan Galeri 24 dan bikin masyarakat tergoda. Kira-kira apa modus yang digunakan?

DSC 12 Sinau Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng

Diplomat Success Challenge atau DSC 12 punya cara unik untuk menggugah masyarakat untuk terlibat dalam kompetisi tahunan ini.

Jika Bukan Listrik, Bahan Bakar Nabati Bisa Jadi Alternatif untuk Kendaraan Berat

Untuk mencapai emisi rendah karbon di sektor transportasi, bahan bakar nabati (BBN) dan hidrogen dinilai mempunyai peran sebagai alternatif yang bisa digunakan untuk kendaraan berat.

Ingin Bebas Finansial Personal? Simak 9 Tips Mewujudkannya

Memiliki kebebasan finansial adalah tujuan bagi banyak orang. Umumnya, kebebasan finansial dipahami sebagai individu yang mampu menjalani gaya hidup sambil mengelola keuangan.

Ini yang Dilakukan PLN untuk Memudahkan Pelanggan selama Pandemi

PLN telah mengembangkan berbagai inovasi untuk mendekatkan jarak dengan pelanggan, salah satunya dengan aplikasi PLN Mobile.

Kian Terjangkau, Tarif Tes Antigen di Stasiun jadi Rp45.000

PT Kereta Api Indonesia menerapkan tarif baru untuk layanan rapid tes antigen di stasiun dari sebelumnya Rp85.000 menjadi Rp45.000 untuk setiap pemeriksaan.