Jelang Debat Pilpres 2019, Jokowi: Angkara Murka Bisa Dikalahkan dengan Bijak
Joko Widodo (Instagram @jokowi)

Solopos.com, JAKARTA -- Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), melontarkan pernyataan tentang sifat manusia pada sekitar pukul 10.30 WIB, Kamis (17/1/2019), melalui akun resmi Instagramnya, @jokowi.

Akun yang dikelola oleh Tim Komunikasi Digital Presiden itu menggunggah sebuah potret setengah badan Jokowi menggunakan pakaian beskap hitam dan blangkon cokelat. Di dada kiri pakaian Jokowi tersemat lencana Presiden. Jokowi berdiri dengan latar bendera merah-putih.

"Selamat siang. Segala sifat keras hati, picik dan angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut dan sabar," tulis akun yang telah terverifikasi itu, tanpa menjelaskan makna dua kalimat tersebut.

Peribahasa tersebut berasal dari Bahasa Jawa yakni Sura Dira Jaya Ningrat Lebur Dening Pangastuti.   Kalimat itu  merupakan salah satu bait dalam Pupuh Kinanthi dalan serat Witaradya karya Ng Rangga Warsita (1802-1873), pujangga besar Kasunanan Surakarta.

Maknanya kesaktian, kekuatan, kekuasaan, dapat diluluhkan dengan kebaikan, budi pekerti yang luhur.

Tulisan dan foto itu diunggah kurang dari 10 jam menjelang debat sesi pertama Pilpres 2019. Jokowi sebagai calon presiden bersama pasangannya, calon wakil presiden Ma'ruf Amin melawan rivalnya, letnan jenderal (purnawirawan) Prabowo Subianto yang berpasangan dengan pengusaha Sandiaga Uno.

Debat akan berlangsung pada Kamis (17/2/2019) malam nanti. Tema debat perdana ini adalah hukum, hak asasi manusia (HAM), terorisme dan korupsi. Jokowi, Ma'ruf, dan Tim Kampanye Nasional (TKN) telah bertemu pada Rabu (16/1/2019) malam di Djakarta Theatre untuk membahas persiapan debat yang akan disiarkan langsung di stasiun-stasiun televisi Indonesia itu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom