SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi), melontarkan pernyataan tentang sifat manusia pada sekitar pukul 10.30 WIB, Kamis (17/1/2019), melalui akun resmi Instagramnya, @jokowi.

Akun yang dikelola oleh Tim Komunikasi Digital Presiden itu menggunggah sebuah potret setengah badan Jokowi menggunakan pakaian beskap hitam dan blangkon cokelat. Di dada kiri pakaian Jokowi tersemat lencana Presiden. Jokowi berdiri dengan latar bendera merah-putih.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selamat siang. Segala sifat keras hati, picik dan angkara murka hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut dan sabar,” tulis akun yang telah terverifikasi itu, tanpa menjelaskan makna dua kalimat tersebut.

Peribahasa tersebut berasal dari Bahasa Jawa yakni Sura Dira Jaya Ningrat Lebur Dening Pangastuti.   Kalimat itu  merupakan salah satu bait dalam Pupuh Kinanthi dalan serat Witaradya karya Ng Rangga Warsita (1802-1873), pujangga besar Kasunanan Surakarta.

Maknanya kesaktian, kekuatan, kekuasaan, dapat diluluhkan dengan kebaikan, budi pekerti yang luhur.

Tulisan dan foto itu diunggah kurang dari 10 jam menjelang debat sesi pertama Pilpres 2019. Jokowi sebagai calon presiden bersama pasangannya, calon wakil presiden Ma’ruf Amin melawan rivalnya, letnan jenderal (purnawirawan) Prabowo Subianto yang berpasangan dengan pengusaha Sandiaga Uno.

Debat akan berlangsung pada Kamis (17/2/2019) malam nanti. Tema debat perdana ini adalah hukum, hak asasi manusia (HAM), terorisme dan korupsi. Jokowi, Ma’ruf, dan Tim Kampanye Nasional (TKN) telah bertemu pada Rabu (16/1/2019) malam di Djakarta Theatre untuk membahas persiapan debat yang akan disiarkan langsung di stasiun-stasiun televisi Indonesia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya