SOLOPOS.COM - Pemain Chelsea Oscar menghadang tendangan Shaw dari Southampton. (Ist/google image)

Solopos.com, LONDON— — Chelsea perlu mereparasi penampilan mereka apabila ingin memetik poin penuh saat menjamu Southampton di Stamford Bridge, London, Minggu (1/12/2013) malam WIB.

Kekalahan 0-1 di markas Basel pada penyisihan grup Liga Champions, medio pekan ini, benar-benar mencoreng muka penggawa Chelsea. Bagaimana tidak, tim berjuluk The Blues tersebut hanya melepaskan sebuah tendangan melenceng dan kalah dalam penguasan bola dari tim tuan rumah.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Tiga poin dari Southampton wajib diperoleh Chelsea untuk menjaga posisi mereka di papan atas klasemen. Sejauh ini, Mourinho baru bisa membuat Chelsea mengumpulkan 24 poin hasil dalam 12 laga di Liga Premier. Di awal musim lalu, Roberto Di Matteo dipaksa kehilangan jabatannya sebagai pelatih The Blues ketika menorehkan poin yang sama di era kedua Mourinho saat ini.

Namun, Mourinho masih layak diberikan kesempatan. Setidaknya, pelatih yang pernah memberi dua gelar Liga Premier bagi Chelsea tersebut memiliki rekor kandang tak terkalahkan di Liga Premier bersama The Blues. The Blues pun berpotensi mengamankan catatan impresif tak pernah kalah di 15 pertandingan kandang terakhir mereka di Liga Premier, ketika melawan Southamton.

Hanya, Chelsea tidak boleh lupa hasil duel kandang terakhir mereka di Liga Premier sungguh kurang memuaskan. The Blues memang bisa menjaga rekor kandang ketika menahan imbang tamunya, West Bromwich Albion dengan skor 2-2 pada 9 November lalu. Tapi, Chelsea membutuhkan sebuah keberuntungan, berupa gol penalti dari Eden Hazard di detik-detik akhir pertandingan. Maka, tak salah apabila rekor kandang Chelsea sepertinya tidak akan menjamin mereka untuk memetik poin penuh atas Southampton.

The Saints, julukan Southampton, beberapa kali membuat kejutan di musim ini. Tim binaan Mauricio Pochettino sukses menempel tim-tim penghuni Big Four. Soton, julukan lain Southampton, mengoleksi 22 poin, sama dengan Manchester City dan hanya kalah dua poin dari Chelsea yang bertengger di peringkat ketiga.

“Sekarang persaingannya sangat berbeda, tim-tim sekarang sangat berbeda. Sebelumnya, hanya ada tiga tim yang bertarung memperebutkan gelar, sekarang ada sembilan tim,” urai Mourinho menanggapi sengitnya persaingan Liga Premier musim ini, dilansir Soccerway, Sabtu (30/11).

Chelsea juga tidak boleh lupa The Saints merupakan tim dengan pertahanan terbaik di Liga Premier musim ini. Southampton baru kebobolan tujuh gol, paling sedikit di antara tim-tim lain. Hanya, The Saints harus menanggung malu ketika dibekuk Arsenal 0-2, salah satunya imbas dari blunder kiper Artur Boruc, akhir pekan lalu.

Hazard dan Andre Schurrle mungkin akan diplot Mourinho untuk memimpin serangan The Blues. Sedangkan Fernando Torres bisa dipasang sebagai ujung tombak, menggantikan Samuel Eto’o yang cedera. Dari kubu tim tamu, Pochettino, kemungkinan sudah bisa menurunkan Dejan Lovren setelah absen karena sakit. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

Perkiraan Formasi
Chelsea (4-5-1) Pelatih Jose Mourinho
Cech; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Mikel, Ramires, Schurrle, Oscar, Hazard; Torres
Cadangan: Lampard, Willian, Ba, Mata, Cole, De Bruyne, Schwarzer
Absen/Diragukan: Eto’o, David Luiz, Van Ginkel

Southampton (4-3-3) Pelatih Mauricio Pochettino
Boruc; Clyne, Shaw, Fonte, Lovren; Schneiderlin, Ward-Prowse, Wanyama; Lallana, Lambert, Rodriguez
Cadangan: Hooiveld, Davis, Osvaldo, Yoshida, Chambers, Gazzaniga, Gallagher, Reed
Absen/Diragukan: Davis, Guly

Lima Pertemuan Terakhir
30/03/2013      Liga Premier     Southampton    2 – 1    Chelsea
17/01/2013      Liga Premier     Chelsea            2 – 2    Southampton
05/01/2013      Piala FA           Southampton    1 – 5    Chelsea
02/04/2005      Liga Premier     Southampton    1 – 3    Chelsea
28/08/2004      Liga Premier     Chelsea            2 – 1    Southampton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya