SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Para pemain Glasgow Celtics saat merayakan kemenangannya atas Barcelona pada fase grup Liga Champions di Celtic Park, November lalu. Di stadion ini pulalah, Celtic akan menjamu Juventus pada babak 16 besar Liga Champions, Rabu (13/2/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON – Juventus akan memasuki ‘kandang singa’ saat melawat ke markas Glasgow Celtic pada laga pertama fase knock out babak 16 besar Liga Champions.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jawara Seri A ini dipastikan bakal menjalani laga yang ketat menghadapi Celtic di Celtic Park, Glasgow, Rabu (13/2/2013) dini hari WIB. Tekanan pada Juve tak hanya berasal dari pemain Celtic, namun juga para pendukungnya.

Sebagai satu-satunya wakil Skotlandia di kancah Eropa, Celtic dipastikan bakal mendapat dukungan penuh publik. Atmosfir inilah yang membuat The Bhoys, Celtic, tampil perkasa saat menghadapi lawan-lawannya di kandang.

Salah satu tim yang pernah merasakan tuah Celtic Park adalah Barcelona. Raksasa Catalan ini harus merasakan kekalahan pertamanya sepanjang musim ini oleh Celtic saat keduanya bertemu pada fase grup, November lalu.

Jadi meskipun di atas kertas kualitas Celtic berada di bawah, namun ini bukanlah jaminan bagi Nyonya Tua, julukan Juventus, mampu meraih kemenangan. Perbedaan kualitas ini akan tertutup oleh ‘raungan’ 60.000 Glaswegians, julukan pendukung Celtic, yang membuat motivasi para pemainnya meningkat tajam.

Eks pemain Juventus, Pavel Nedved, sadar benar dengan situasi ini. Ia pernah merasakan pengalaman bertemu Celtic di kandangnya saat keduanya tim bertemu teakhir kalinya pada 2001 lalu.

“Saya sepenuhnya menyadari atmosfer apa yang menanti kami di Glasgow, karena saya pernah mengalaminya,” ujar Nedved yang kini menjabat sebagai Direktur Juventus, dilansir Reuters.

“Kami akan memasukki kandang singa dan saya tak merasa kami akan mendomiasi. Kami akan sulit untuk bisa keluar,” imbuhnya.

Di sisi lain, manajer Celtic, Neil Lennon, mengaku siap menjamu juara Seri A musim lalu itu. Bahkan, Lennon memgaku telah membuat 10 perubahan di kancah domestik guna mempersiapkan pemainnya menghadapi Juve.

Meski demikian, dominasi Celtic di Liga Skotlandia tetap tak tergoyahkan. Walau para pemain pilarnya diparkirkan, The Bhoys masih mampu meraih kemenangan 3-1 kontra Inverness Caledonian Thistle, Sabtu (9/2/2013).

“Para pemain yang diistirahatkan berada dalam kondisi terbaik untuk menghadapi sebuah laga yang akan menjadi partai besar,” ujar Lennon pada Glasgow Herald.

“Saya selalu optimistis menghadapi laga ini dan keramaian akan menjadi bagian dari dukungan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Juventus juga menghadapi laga kontra Celtic dengan modal apik. Bianconeri, julukan lain Juve, baru saja meraih poin penuh dengan mengalahkan Fiorentina 2-0 di Juventus Stadium, Minggu (10/2/2013).

Kemenangan itu membuat skuat besutan Antonio Conte kian nyaman di posisi puncak klasemen Seri A. Juve unggul lima angka dari Napoli yang menguntit di belakangnya dengan torehan 50 poin.

Dalam laga ini, Juve kemungkinan akan menurunkan skuat terbaiknya. Selain bakal menurunkan rekrutan barunya, Nicolas Anelka, Juve juga sudah bisa memainkan gelandangnya Kwadwo Asamoah yang baru saja memperkuat negaranya, Ghana, di kancah Piala Afrika 2013.

Di sisi lain, Celtic dipastikan tak diperkuat salah satu pilarnya, yakni Efe Ambrose. Bek 24 tahun itu baru saja mengantarkan Nigeria merebut trofi Piala Afrika ketiganya dan belum bisa bergabung dalam tim.

Perkiraan pemain:

GLASGOW CELTIC: Fraser Forster (Gk); Mikael Lustig, Kelvin Wilson, Victor Wanyama, Emilio Izaguirre; Scott Brown, Kris Commons, Beram Kayal, Charlie Mulgrew; Giorgos Samaras, Gary Hooper.

JUVENTUS: Gianluigi Buffon (Gk); Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Martin Caceres; Stephan Lichtsteiner, Paul Pogba, Arturo Vidal, Andrea Pirlo, Kwadwo Asamoah; Sebastian Giovinco,Mirko Vucinic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya