Solopos.com, JAKARTA— Tim bulu tangkis Indonesia akhirnya berangkat tanpa kekuatan penuh dalam turnamen bergengsi BWF World Championships 2014 yang digelar di Kopenhagen, Denmark, Senin-Minggu (25-31/8) pekan depan. Berbeda dengan tahun lalu yang diperkuat sejumlah pemain andalan sehingga mampu mempersembahkan dua gelar juara dunia. Kini target untuk mempertahankan gelar tersebut semakin berat.

Sebelumnya, Merah Putih harus rela kehilangan juara dunia ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Cedera engkel yang dialami Owi membuat pasangan nomor dua dunia itu gagal mempertahankan gelarnya.

Sepekan jelang keberangkatan, Indonesia semakin merana setelah juara dunia ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, batal bermain. Cedera punggung Ahsan yang lama kembali kambuh. Alhasil, keduanya juga tak bisa memperkuat Merah Putih.

Di samping itu, Indonesia yang sempat mendapat angin segar dengan masuknya Simon Santoso di nomor tunggal putra, kembali kecewa. Pasalnya, juara Singapore dan Malaysian Open ini harus dirawat di rumah sakit karena terserang demam berdarah.

“Ini petaka bagi kami, tapi apa yang bisa saya katakan. Mereka tak bisa bermain,” ungkap Kasubid Hubungan Internasional PBSI, Bambang Roedyanto, dilansir bwfbadminton.org, Jumat (22/8/2014) WIB.

Menurutnya, cedera punggung Ahsan semakin memburuk dalam beberapa hari terakhir sebelum berangkat. Bahkan ganda putra nomor satu dunia itu tak bisa duduk dengan baik lantaran sakit.

“Dia tak bisa bergerak dengan leluasa apalagi melompat atau melakukan smash. Dokter menyarankan agar dia tak bermain lebih dulu,” imbuhnya.
Alhasil, di nomor tunggal putra beban berat berada di pundak Tomy Sugiarto. Pasalnya, pemain ranking kelima dunia menjadi satu-satunya wakil di nomor ini. Di babak pertama, putra legenda bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto, ini ditantang petenis Singapura, Derek Wong.

Sementara di ganda putra, tiga pasangan menjadi tumpuan Indonesia. Minus Hendra/Ahsan, tugas berat itu menjadi tanggung jawab Angga Pratama/Rian Agung Saputro, Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan, dan Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon.

Sedangkan di nomor campuran, Markis Kido/Pia Zebadih, menjadi andalan utama disusul Marcus Fernaldi Gideon/Rizki Amelia Pradipta, Riky Widianto/Richi Puspita Dili dan penampilan perdana Praveen Jordan/Debby Susanto. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir absen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2014 karena cidera. Ist/Dok

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir absen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2014 karena cidera. Ist/Dok


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten