SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)--Permintaan KTP di Kecamatan Weru meningkat menjelang pergantian tahun. Hal itu diduga terkait kebijakan pembuatan akta kelahiran yang diwacanakan melalui proses persidangan bagi anak usia di atas 60 hari mulai tahun 2011.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kecamatan Weru, Suripdi, menyatakan permintaan KTP dan kartu keluarga (KK) meningkat hampir 50% di wilayahnya. Pada hari-hari biasa, jumlah pemohon umumnya hanya sekitar 50 orang, namun beberapa hari terakhir bertambah cukup signifikan menjadi 70-80 pemohon/hari.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Saya tidak tahu pasti. Tetapi sepertinya memang berkaitan dengan wacana kebijakan akta tahun depan. Banyak permintaan KTP dan KK saat ini untuk menunjang pembuatan dokumen kelahiran tersebut,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya di kompleks kantor Kecamatan Weru, Kamis (30/12).

Ekspedisi Mudik 2024

Suripdi mengatakan pihaknya sering kewalahan ketika jumlah permintaan KTP atau KK mengalami lonjakan signifikan. Hal itu mengingat di UPTD setempat hanya ada tiga petugas, termasuk Kepala UPTD dan Kepala Tata Usaha. Namun demikian sejauh ini tak ada kendala berarti yang dihadapi.

Dia juga menjelaskan pelayanan KTP dan KK dilaksanakan secara gratis dan pemohon tak dipungut biaya. Pembuatan KTP juga bisa diselesaikan dalam waktu satu sampai dua jam jika pemohon telah melengkapi persyaratan yang ditentukan. “Tentunya tergantung antrean. Yang jelas kami berupaya memberikan pelayanan sebaik mungkin,” imbuhnya didampingi staf UPTD, Suharto.

Suripdi juga menyampaikan pelayanan KTP dan KK di Kecamatan Weru sempat terkendala selama dua hari, Kamis (23/12) dan Senin (27/12). Hambatan muncul setelah <I>central processing unit<I> komputer pelayanan mengalami kerusakan dan harus diperbaiki. “Pelayanan baru bisa normal lagi pada hari Selasa (28/12), setelah dilakukan CPU diganti dan progamnya dibenahi.”

Masih menurut Kepala UPTD Disdukcapil Kecamatan Weru, permintaan KTP dan KK diperkirakan mengalami peningkatan drastis selama tahun 2011. Hal itu dengan pertimbangan banyaknya KTP yang masa berlakunya akan berakhir dan harus dilakukan perbaruan oleh warga pemilik.


try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya