SOLOPOS.COM - Ilustrasi gula pasir. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Harga sejumlah komoditas pangan terpantau naik pada Jumat (9/12/2022) hari ini, terutama untuk minyak goreng dan gula pasir.

Berdasarkan pantauan dari Pusat Informasi Harga Pangan Startegis (PIHPS) Nasional, harga minyak goreng curah terpantau Rp15.400 per kg (naik 2,67 persen).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kenaikan harga juga terjadi pada minyak goreng kemasan bermerk 1 yakni Rp22.400 per kg (naik 4,92 persen) dan minyak goreng kemasan bermerk 2 Rp20.750 per kg (naik 3,32 persen).

Selanjutnya komoditas yang harganya terpantau naik adalah gula pasir kualitas premium dengan Rp16.050 per kg (naik 1 26 persen).

Kemudian diikuti gula pasir lokal Rp14.500 per kg (naik 0,69 persen). Cabai rawit merah juga terpantau naik dengan Rp55.750 per kg (naik 1,73 persen). Namun cabai rawit hijau tampak turun jadi Rp41.750 per kg (turun 4,68 persen).

Baca Juga: Beras Impor 200.000 Ton akan Datang Bulan Ini, Ini Penjelasan Bulog

Cabai merah besar yang turun jadi Rp36.550 per kg (turun 4,32 persen), dan cabai merah keriting Rp36.150 per kg (turun 7,07 persen).

Untuk komoditas lain seperti daging ayam ras segar dan daging sapi kualitas 1 juga mengalami penurunan dengan masing-masing Rp33.600 per kg (turun 5,22 persen) dan Rp135.200 per kg (turun 1,82 persen).

Selain itu, beras kualitas super II juga terpantau turun dengan Rp12.700 per kg (turun 5,93 persen).

Di Provinsi Jawa Tengah, untuk harga beras Premium turun menjadi Rp12.360/kg. Harga gula pasir turun Rp200 menjadi Rp13.500/kg. Sedangkan harga minyak goreng curah turun Rp200 menjadi Rp14.300/kg. Komoditas lain yang mengalami kenaikan harga di Jateng adalah telur ayam yang mencapai Rp30.000/kg atau naik sekitar Rp2,46%.

Baca Juga; Ingin Putus Mata Rantai Penebas, Desa Demakijo Klaten Bangun Lumbung Pangan

Menjaga Stok

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, stok dan harga barang kebutuhan pokok (bapok) aman, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023, saat meninjau ritel modern Hypermart dan Superindo bersama Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

“Secara keseluruhan, stok tersedia dan harganya stabil. Oleh karena itu, sekali lagi stok tersedia, harganya stabil. Segala hal kita lakukan agar stok bapok aman,” kata Mendag yang akrab disapa Zulhas tersebut lewat keterangannya di Jakarta, Kamis (8/12/2022) seperti dilansir Antaranews.

Zulhas menyampaikan, pemerintah terus berusaha menjaga stok. Dia mengungkapkan, untuk harga beras di ritel modern masih stabil, bahkan terdapat beras dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET). Sementara harga beras Bulog tetap, tidak ada perubahan.

“Bahkan, tadi di sini ada beras dengan harga di bawah HET yang diproduksi Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta,” terangnya.

Baca Juga: Mendag Beri Izin Impor 500.000 Ton Beras, Begini Respons Mentan

Mendag menyebut, inflasi pada November 2022 tercatat sebesar 5,42 persen, turun dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 5,71 persen.

Artinya terdapat harga barang kebutuhan yang mengalami penurunan di pasar, termasuk ayam. Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, misalnya telur.

“Kenaikan harga telur disebabkan permintaan yang meningkat jelang Natal dan tahun baru. Harga telur naik sedikit karena permintaan naik. Nanti kalau permintaannya biasa lagi, harganya akan turun kembali. Kenaikan ini masih wajar sebesar Rp30.700/kg, tetapi di ritel modern masih Rp27.000 per kg,” jelas Zulkifli.

Mendag menambahkan, Kemendag terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan bapok.

“Pemerintah selalu berdiskusi dengan pemangku kepentingan, termasuk asosiasi pelaku usaha untuk cari jalan keluar bersama,” imbuhnya.

Senada dengan Zukifli, Kepala Bapanas Arif Prasetyo Adi mengungkapkan, pasokan dan harga bapok terkendali. Peninjauan ritel modern untuk memastikan semua stok bapok tersedia.

“Kita hari ini meninjau ritel modern memastikan stok ada. Stok hari ini sampai jelang Natal dan tahun baru ada. Pemerintah Pusat juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan operasi pasar. Masyakarat atau konsumen dipersilakan hadir untuk mendapatkan harga bapok terjangkau,” tambah Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya