SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Hingga pekan ketiga Desember, bantuan pendidikan masyarakat Solo (BPMKS) periode Juli-Desember belum juga cair. Padahal sekolah harus menyelesaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) sebelum 31 Desember 2012.

Ketua Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Solo, Asmuni, menjelaskan sampai saat ini dirinya belum mendapatkan kabar kapan BPMKS akan diterima melalui rekening sekolah. Padahal akhir tahun tinggal menghitung hari dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo mengharuskan semua LPj selesai sebelum akhir tahun.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Asmuni memaparkan pihaknya telah menyelesaikan dan mengumpulkan proposal dan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), bahkan proposal sempat direvisi dan diperbaiki.

“Saya bingung proses pencairannya mandek di mana? Ada kesalahan di sebelah mana, padahal ini sudah akhir tahun,” jelasnya kepada Solopos.com, Selasa (18/12/2012).

Selain itu Kepala SD Islam Cokroaminoto itu juga menilai pencairan BPMKS kali ini terlalu lama molor sedangkan tenggat penyelesaian LPj yang tetapkan terlalu cepat. Pasalnya sekolah harus segera mencairkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) lalu membelanjakan dana BPMKS dalam jangka waktu kurang dari dua pekan.

“Idealnya pencairan BPMKS tiap tiga bulan, dan pembuatan LPj-nya pun pertiga bulan, seperti BOS [Bantuan Operasional Sekolah],” jelasnya.

Kepala SMP Negeri 2 Solo, Joko Riyanto, juga menjelaskan pihaknya belum menerima pencairan dana BPMKS. Tetapi dirinya mendapatkan informasi jika NPHD sudah dalam proses verifikasi.

“Baru dapat info kalau sedang dalam proses verifikasi,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo, menjelaskan semua sekolah telah mengumpulkan NPHD dan sudah dikirim ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) untuk diverifikasi. “Sekarang sudah masuk verifikasi akhir, pekan ini BPMKS dipastikan cair,” tegasnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Lebih lanjut dijelaskan proses pencairan akan langsung dilakukan ke sekolah yang NPHD-nya telah selesai diverifikasi, hal itu dilakukan hingga semua sekolah mendapatkan pencairan BPMKS.

Sementara itu jumlah penerima BPMKS untuk periode III dan IV tahun ini sebanyak 63.715 siswa dari semua jenjang pendidikan, yang terdiri atas 18.323 pemegang kartu BPMKS Gold, 38.089 pemegang kartu BPMKS silver dan 7.303 pemegang kartu BPMKS Platinum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya