SOLOPOS.COM - Tim gabungan Polresta Solo serta Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo menyemprotkan cairan disinfektan di kandang kerbau bule di Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Solo, Kamis (14/7/2022). (Istimewa/Humas Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO — Petugas Polresta Solo bersama Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo melakukan penyemprotan disinfektan di kandang kerbau bule keturunan Kyai Slamet di Alun-Alun Kidul Keraton Solo, Kamis (14/7/2022).

Hal itu sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) sekaligus persiapan menjelang malam 1 Sura di mana kerbau-kerbau bule tersebut biasanya dikirab mengelilingi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, melalui Kabag Ops Polresta Solo, Kompol Sutoyo, mengungkapkan kegiatan itu dalam rangka Operasi Aman Nusa II tentang penanganan PMK. Kali ini penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di kandang kerbau bule di Alun-alun Kidul (Alkid) Keraton Solo.

Selain itu juga di pasar kambing di Semanggi, Pasar Kliwon. “Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Solo. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi atau mencegah penyebaran PMK pada hewan ternak,” terangnya kepada awak media.

Sutoyo mengatakan tim gabungan juga memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak di kandang dan pasar. Setelah itu tim memberikan vitamin agar kesehatan hewan selalu terjaga. “Kegiatan ini dilakukan juga menjelang Kirab Malam 1 Sura yang segera berlangsung,” imbuhnya.

Baca Juga: Kerbau Bule Keraton Solo Ternyata Hadiah Seorang Kiai dari Ponorogo

Dengan penyemprotan kandang dan pemberian vitamin itu, Sutoyo berharap kesehatan kerbau bule milik Keraton Solo selalu sehat dan tidak terjangkit PMK. Selain di kandang kerbau bule dan Pasar Hewan Semanggi, kegiatan dilakukan di kandang lain.

Tim memantau kondisi kesehatan ternak-ternak di Kota Bengawan. Menurut Sutoyo, kegiatan yang sama dilakukan secara rutin oleh tim dari Polsek di Solo. Kegiatan itu untuk memastikan kesehatan ternak-ternak di Kota Bengawan.

“Pemantauan ternak di wilayah Solo juga terus dilakukan oleh tim dari polsek jajaran, untuk mengetahui ada atau tidaknya hewan ternak yang terindikasi PMK. Sehingga apabila ditemukan ternak yang terkena PMK segera dilakukan penanganan,” terangnya.

Baca Juga: Sejarah Kerbau Bule Milik Keraton Solo, Ternyata Hewan Kesayangan PB II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya