SOLOPOS.COM - Pantai Gondo Mayit Blitar. (Ksmtour)

Solopos.com, BLITAR — Objek wisata Pantai Gondo Mayit atau kadang disebut Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit di Kota Blitar, Jawa Timur, menyimpan sejumlah misteri.

Nama Pantai Gondo Mayit itu pun terdengar menyeramkan. Bahkan, membuat sebagian orang beranggapan pantai di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kota Blitar itu angker.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kata Gondo Mayit memiliki arti berbau mayit. Konon, pantai diberi nama tersebut lantaran pernah ditemukan banyak mayat hingga tercium bau menyengat di sekitar pantai.

Baca Juga: Misteri Rajah di Pantai Gondo Mayit Blitar

Dikutip dari laman agen perjalanan Ksmtour, Minggu (16/1/2022), Pantai Gondo Mayit tak hanya terkenal karena memiliki sejarah yang berselimut misteri. Pantai Gondo Mayit juga terdapat pesanggrahan yang disebut-sebut menjadi tempat persinggahan Nyi Roro Kidul.

Tak cukup sampai di situ, Pantai Gondo Mayit juga dikenal karena misteri rajah. Sejumlah orang bertanya-tanya apa itu rajah.

Rajah ialah huruf atau kalimat yang membentuk suatu gambar tertentu. Rajah itu diyakini dapat menjadi penyembuh, keselamatan, atau pengasihan.

Baca Juga: Kisah Misteri di Balik Keindahan Pantai Gondo Mayit Blitar

Konon, di Pantai Gondo Mayit terdapat rajah bernama semesta. Keberadaan rajah ini menjadi misteri. Masih banyak warga lokal yang tidak mengetahui, sebagaimana keterangan yang diunggah akun @buminusantara.id.

Penjelasan lain soal rajah, seperti dikutip dari Jurnal Manessa. Rajah ialah gegambaran utawa tulisan ing dluwang yang berarti gambar atau tulisan di kertas dan sejenisnya. Arti lainnya, yaitu corek gagaleran ing epek-epek yang memiliki arti coretan yang mengalir di telapak.

Versi lain tentang apa itu rajah, yakni terkait keinginan hati atau hawa nafsu. Rajah pun dapat diartikan jimat. Konon, rajah dijadikan sebagai perantaran menunjukkan kesaktian orang-orang zaman dahulu.

Baca Juga : Sakti! Raden Rangga Putra Panembahan Senopati & Nyi Roro Kidul?

Pesona Pantai Gondo Mayit

Terlepas dari pamor misterius, mistis, bahkan menyeramkan, Pantai Gondo Mayit menyimpan pesona tersembunyi. Salah satunya, Pantai Gondo Mayit masih alami dan bersih.

Pantai Gondo Mayit menawarkan pemandangan yang memesona. Pantai Gondo Mayit tak jauh dari Pantai Tambakrejo, tepatnya berada di sisi timur.

Alam asri berpadu dengan pantai yang masih alami dan pasir putih khas Pantai Gondo Mayit membuat pantai ini begitu menawan. Tak hanya hamparan pasir putih yang indah, Pantai Gondo Mayit juga memiliki ombak besar. Keunggulan ombak besar itu membuat pengunjung yang juga peselancar berhasrat menjajal ombak ganas pantai di sebelah Selatan Jawa ini.

Baca Juga : Tempat Bercinta Panembahan Senopati & Nyi Roro Kidul di Parangkusumo

Untuk menikmati pesona pantai yang masih perawan ini, Anda cukup merogoh kocek Rp6.000 untuk tiket masuk. Pengelola juga menyediakan perahu yang dapat disewa.

Namun, bagi Anda yang hanya ingin menikmati pemandangan Pantai Gondo Mayit dengan berjalan menyusuri tepi pantai itu juga asyik. Masih belum puas menyusuri pasir putih di Pantai Gondo Mayit, Anda dapat menyusuri tepian sungai kecil.

Atau, mendaki bukit yang menghubungkan Pantai Gondo Mayit dengan Pantai Tambakrejo. Anda bisa melihat pemandangan dua pantai itu dari bukit lo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya