SOLOPOS.COM - Jeky Muhammad Fauzi (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

Mengaku suka bosan belajar, tapi justru terpilih sebagai duta pelajar mewakili Provinsi Jawa Tengah? Itulah Jeky Muhammad Fauzi, putra sulung pasangan Darmadi dan Ny Sularti. Pelajar Kelas VII SMPN 1 Manyaran, Wonogiri itu terpilih mengikuti Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara. Dalam olimpiade sains itu remaja kelahiran 26 Desember 1997 itu sukses meraih medali perak di Mapel IPS dan uang pembinaan.

Jeky Muhammad Fauzi (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat dijumpai, Jeky yang mengenakan baju batik warna merah bertuliskan Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP, Manado 2011u mengaku menggemari mata pelajaran IPS sejak sekolah dasar. Selain senang Mapel IPS, warga Gunung Cilik RT 4/IX, Desa Karang Lor, Manyaran ini juga suka Mapel Fisika dan Biologi. Nilai rapor Mapel-Mapel itu adalah 90. “Saya belum memiliki cita-cita tapi saya memiliki semangat belajar. Kunci sukses di OSN Mapel IPS kemarin adalah belajar rutin, tetap semangat dan selalu berdoa,” tegasnya.

Sambil tersenyum, Jeky menjelaskan, pola belajarnya unik. “Saya sebenarnya gampang bosan. Termasuk belajar sehingga pola belajar saya lebih dinamis, tidak suka duduk terlalu lama. Terkadang saya membaca sambil berjalan. Atau naik pohon untuk membaca buku agar mudah mengingat-ingatnya,” ujarnya.

Menurutnya, prestasinya diraih tidak sendirian namun berkat bimbingan gurunya, Mulyani dan Kepala SMPN 1 Manyaran, Umi Wardani. Keduanya, jelasnya, membimbingnya selama lebih dari tiga bulan. Bagaimana dengan uang pembinaan yang diperoleh? Jeky menyatakan akan dipergunakan membeli komputer netbook. “Saya akan membeli netbook agar semua materi pelajaran tersimpan dengan rapi dan sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dibuka di mana pun tempat,” tandasnya.

Trianto Hery Suryono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya