Jejak Sampah Ring Road Solo di Google Street View, Menumpuk Sejak 2018
Tumpukan sampah di Jl. Ring Road Mojosongo, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Sampah di tepi Ring Road Solo bisa ditemui di berbagai sudut sepanjang jalan tersebut. Di berbagai titik, terdapat tumpukan mulai dari sampai plastik hingga material bekas bangunan.

Di beritakan Solopos.com sebelumnya, dua titik gunungan sampah besar terlihat di sisi utara jalan dan satu titik di selatan jalan. Titik pertama di sisi barat daya SMPN 5 Solo banyak diisi bekas material berupa kayu, tembok, dan gypsum. Sedangkan titik kedua di utara jalan didominasi sampah rumah tangga berupa plastik kemasan, kasur, dan dahan pohon.

Pertumbuhan Ekonomi Cuma 5,02%, Jokowi Minta Masyarakat Bersyukur

Titik di utara jalan ini memang kerap kali menjadi lokasi pembuangan sampah. Arsip Google Street View menunjukkan sampah rumah tangga sudah muncul dalam dua tahun terakhir.

Tangkapan kamera Google Street View pada Agustus 2018 menunjukkan titik tersebut mulai dikotori material bekas bangunan yang berceceran sepanjang beberapa meter. Sedangkan gambar yang dirilis pada Oktober 2018 menunjukkan tumpukan material bekas gypsum makin mendekati jalan dan tak jauh di sebelahnya terdapat sampah-sampah rumah tangga.

Jokowi Tak Ingin Pulangkan WNI Bekas ISIS, Apalagi yang Bakar Paspor

Pada Februari 2019, gambar lokasi itu belum menunjukkan perkembangan signifikan. Baru pada April 2019 muncul tumpukan sampah yang lebih besar meski belum sebanyak sekarang.

April 2019

Februari 2019

Oktober 2018

Agustus 2018

Tumpukan Lain

Melalui aplikasi yang sama, tak jauh dari lokasi tersebut, tepatnya sekitar 200 meter ke arah barat di selatan jalan, tumpukan sampah lebih terlihat jelas. Lokasi itu berada tak jauh di sebelah barat gang masuk kompleks Gedung MTs-MA Al-Kahfi, Mojosongo.

Wuhan Sebelum Corona: Tak Melulu Kuliner Ekstrem, Ada Kampung Muslim & Resto Halal

Titik pada selatan jalan terdiri dari sampah rumah tangga dan timbunan material. Penelusuran melalui Google Map Street View timbunan material bekas bangunan ada sejak Oktober 2018 dan sampah rumah tangga sejak Juni 2017. Padahal sebelumnya pada 2015, titik tersebut bersih dari sampah.

April 2019

Januari 2019

Oktober 2018

Desember 2017

Mei 2017

Januari 2016

April 2015


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho