Jejak Ki Semar di Gunung Srandil Cilacap, Sering Jadi Tempat Ritual

Gunung Srandil di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi karena diyakini menyimpan petilasan Ki Semar, sang leluhur Tanah Jawa.

 Gunung Srandil. (facebook/Hutan Belantara Indonesia)

SOLOPOS.COM - Gunung Srandil. (facebook/Hutan Belantara Indonesia)

Solopos.com, CILACAP — Gunung Srandil merupakan destinasi wisata religi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Di tempat itu diyakini terdapat petilasan Ki Semar yang dianggap sebagai leluhur Tanah Jawa.

Dikutip dari Bisnis.com, Minggu (16/1/2022), Gunung Srandil terletak di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan destinasi favorit para peziarah untuk melakukan ritual. Terutama pada malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon saat Sura atau Bulan Muharam.

PromosiLetusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Gunung Srandil menjadi petilasan Ki Semar atau Kaki Tunggul Sabdo Jati Doyo Amung Rogo. Sebagian masyarakat Jawa meyakini sosok Ki Semar sebagai leluhur di tanah Jawa. Konon, Ki Semar disimbolkan sebagai kawula ajiwa bathara yang berarti rakyat yang berjiwa dewa.

Baca Juga: Di Gunung Ini Ada Petilasan Ki Semar, Sosok Leluhur di Tanah Jawa

Gunung Srandil tak hanya dikenal di kalangan masyarakat Cilacap atau Jawa. Banyak peziarah yang datang dari Kalimantan, Sumatra, Bali, dan Sulawesi. Masyarakat yang berkunjung ke Gunung Srandil memiliki tujuan berbeda-beda, seperti ziarah, ritual agama, budaya, hingga napak tilas. Salah satu tujuan napak tilas, yakni petilasan Ki Semar.

Objek wisata Gunung Srandil ini sebetulnya sebuah bukit kecil dipenuhi pepohonan. Di bukit kecil itu juga terdapat Vihara Budha Tri Ratna yang masih digunakan beribadah umat Budha.

Dilansir laman resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, penghuni kali pertama di Gunung Srandil adalah Sultan Mukhriti, putra kedua Ratu Sumenep bernama Dewi Sari Banon.

Baca juga: Berusia 80 Juta Tahun, Inilah Wujud Watu Kelir

Selain petilasan Ki Semar, di sekitar kawasan Gunung Srandil juga terdapat beberapa petilasan lain. Beberapa di antara petilasan Eyang Guru Agung Sultan Mursid, Nini Dewi Tanjung Sekar Sari, Eyang Langlang Buana, Eyang Juragan Dampu Awang atau Sampokong atau Sunan Kuning, dan Mayang Koro atau Hanoman.

Di bukit yang dipenuhi pepohonan itu juga terdapat dua makam prajurit Diponegoro bernama Kuncisari dan Danasari. Makam tersebut kemudian dinamakan makam Sukmasejati.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Check-in di Hotel, PSK di Semarang Dianiaya Tamu Pakai Muntu

Boy menganiaya PSK menggunakan muntu saat check-in di hotel untuk mengambil uang dan harta milik PSK tersebut.

Mobil Avanza Tabrak Karimun di Flyover Jatingaleh, Ini Kronologinya

Kecelakaan lalu lintas di Flyover Jatingaleh Semarang bermula ketika pengemudi Avanza diduga mengantuk atau kebingungan melaju dari arah Tanah Putih.

Jadi Percontohan, Desa di Semarang Ini Tanam Kedelai Varietas Unggul

Sebanyak 30 kilogram bibit kedelai yang terdiri dari varietas Sugentan dan Gamasugen diserahkan BRIN dalam kegiatan ini.

25 Orang Lolos Tes Potensi Calon Anggota Komisi Informasi Jateng

Sebanyak 25 orang dinyatakan lolos tes potensi calon anggota Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Periode 2022-2026.

Kuliner Nasi Penggel, Jumeokbap Korea Ala Kebumen

Nasi Penggel adalah olahan kuliner khas Kebumen, Jawa Tengah yang bentuknya menyerupai nasi kepal Korea, Jumeokbap.

Serem! Warga di Semarang Ini Tinggal di Tengah Kuburan

Warga Kampung Bergota Krajan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), sudah lama hidup berdampingan dengan kuburan karena berada di kompleks permakaman.

Pengumuman! Layanan Imigrasi Semarang Akan Permanen di MPP Grobogan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang berencana membuka layanan imigrasi secara definitif di Mal Pelayanan Publik Grobogan.

14 Ekor Sapi Positif PMK, Pasar Hewan di Banjarnegara Ditutup

Sejumlah pasar hewan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditutup menyusul ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK pada 14 ekor sapi.

Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, Ini Saran Ganjar

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyarankan masyarakat untuk sadar diri dalam melakukan perlindungan diri menyusul pelonggaran penggunaan masker di tempat terbuka.

Asal-Usul Pemalang, Tanah Merdeka di Pulau Jawa

Asal-usul Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah dulunya merupakan salah satu dari 14 daerah merdeka di Pulau Jawa yang dipimpin seorang raja.

Misteri 3 Kerajaan Gaib di Jembatan Comal Pemalang

Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, konon dikelilingi tiga kerajaan gaib.

Asal-Usul Desa Cawet Pemalang: Bermula dari Celana Dalam

Sejarah penamaan Desa Cawet di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, berawal dari celana dalam.

Kenapa Pati Dijuluki Kota Paranormal?

Apa alasannya sih Kabupaten Pati di Jawa Tengah, dijuluki sebagai kota seribu paranormal?

Ternyata Ini Jabatan Pegawai Kecamatan Ngaringan Yang Nilap Bansos PKH

Camat Ngaringan Widodo Joko Nugroho mengatakan sudah melakukan tindakan kepada pegawai kecamatan yang diduga mencairkan bansos orang meninggal.

Ini Dia Rumah Sakit Tertua di Jawa Tengah, Ternyata Ada di Klaten

RSUP dr Soeradji Tirtonegoro di Kabupaten Klaten disebut-sebut sebagai salah satu rumah sakit tertua di Jawa Tengah atau Jateng.