Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Jejak Gua di Wonogiri Jadi Hunian Manusia Purba

Jejak Gua di Wonogiri Jadi Hunian Manusia Purba
user
Sabtu, 30 April 2022 - 23:46 WIB
share
SOLOPOS.COM - Seorang warga sekitar tengah menggali salah satu lokasi penemuan artefak di Gua Song Gilap di wilayah Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, Selasa (25/6/2013). Penggalian oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah dan Arkeologi Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut dilakukan selama sepekan yakni Senin-Sabtu (24-29/6/2013). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Sejumlah gua di Wonogiri diduga pernah menjadi hunian bagi manusia purba pada masanya, dari jejak temuan berupa fosil manusia purba, hewan serta artefak bebatuan dan tulang hewan. Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah dan Arkeologi Universitas Gajah Mada (UGM) menemukan peninggalan tersebut pada 2012 di Gua Song Gilap di Dusun Danggolo, Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro. 

Temuan yang mendukung gua tersebut menjadi bekas hunian di antaranya ada perkakas dari batu, tulang-tulang hewan yang dikonsumsi manusia prasejarah dan dugaan penemuan gigi manusia. Warga yang sempat masuk ke dalam gua juga pernah mendapati fosil tengkorak, namun dibiarkan saja mengingat minimnya pengetahuan mereka.

Solopos Stories
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN