SOLOPOS.COM - Tim penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa-Bali dari Kementerian Dalam Negeri ikut belajar menari bersama anak-anak di  di Taman Cerdas Jebres, Solo, Selasa (1/11/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Tim penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa Bali Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan klarifikasi lapangan di Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Selasa (1/11/2022).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka optimistis Kelurahan Jebres akan menjadi pemenang dalam lomba itu. Berdasarkan pantauan Solopos.com tim dari Kemendagri datang sekitar pukul 09.00 WIB di Kelurahan Jebres.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka melihat pelayanan Kelurahan Jebres termasuk stan pelayanan sejumlah perangkat daerah Kota Solo. Selanjutnya tim melihat Taman Cerdas Kelurahan Jebres.

Ada berbagai aktivitas warga pagi itu, antara lain pembelajaran hukum untuk keluarga melalui metode ular tangga yang dilakukan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Sementara anak-anak tampak belajar menari dan menabuh gamelan.

Kunjungan tim penilai lomba kelurahan tingkat nasional itu dilanjutkan ke Gedung Serbaguna RW 019 Kelurahan Jebres, Solo. Ada kegiatan posyandu, pos lansia, posyandu remaja, dan kegiatan inspeksi visual asam asetat.

Baca Juga: Mantap! Jebres Solo Wakili Jateng Lomba Desa-Kelurahan Tingkat Nasional

Lokasi terakhir pada klarifikasi lapangan merupakan tempat pengolahan sampah reduce, reuse, dan recycle (TPS3R) Jebres. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tampak terus mendampingi tim penilai dari Kemendagri tersebut.

Kasubdit Wilayah II Direktorat Evaluasi Perkembangan Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri Tiyar Cahya Kusuma menjelaskan telah melakukan proses evaluasi di tingkat kelurahan, tingkat kecamatan, kota, penilaian administrasi, pemaparan Kelurahan Jebres.

Tim selanjutnya melakukan klarifikasi lapangan. “Kota Solo melalui Provinsi Jateng mengusulkan Jebres mewakili provinsi untuk lomba pada tingkat regional Jawa-Bali. Lurah Jebres mewakili Jateng,” katanya.

Baca Juga: Kelurahan Jebres Solo Masuk 3 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jateng

Bersaing dengan Wakil dari 5 Provinsi

Dia menjelaskan sebelum ke Jebres, Solo, tim penilai lomba kelurahan tingkat nasional sudah melakukan klarifikasi lapangan ke Provinsi Banten, Yogyakarta, Bali, Jatim, dan Jabar. Provinsi Banten tersisih pada tahapan seleksi administrasi sehingga menyisakan lima provinsi.

“Kelurahan Jebres termasuk wilayah yang besar di Kota Solo. Suasana dari perangkat dari aparat-aparatnya seperti Babinsa dan Babinkamtibmas guyub,” jelasnya.

Tiyar menjelaskan ada beberapa instrumen penilaian lomba desa dan kelurahan, antara lain pemerintahan, kewilayahan, dan pengembangan masyarakat. Ketiga instrumen itu meliputi sejumlah program yang dijalankan pemerintah kelurahan.

Baca Juga: Wakili Solo di Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, 5 Kelurahan Adu Potensi

Di antaranya, apakah kelurahan telah membuat anggaran berkaitan infrastruktur, sarana, dan prasarana dari dana kelurahan yang sesuai dengan regulasi. Selanjutnya apakah kelurahan sudah membuat petas batas kota serta kegiatan pelestarian seni budaya.

Kemendagri akan mengumumkan pemenang lomba desa dan kelurahan pada bulan ini. Gibran mengatakan kemungkinan Kota Solo bakal menjadi pemenang pada tingkat regional Jawa dan Bali berdasarkan skor pada penilaian sementara sejauh ini.

Gibran optimistis Jateng yang diwakili Jebres meraih prestasi di lomba kelurahan tingkat nasional tersebut. Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo, menjelaskan Kelurahan Jebres sampai pada tahapan klarifikasi lapangan lomba desa dan kelurahan mewakili Jateng berkat dukungan warga setempat.

Jebres pernah meraih juara harapan lomba desa dan kelurahan tingkat nasional pada 2013. Sekarang tingkat regional. Kami regional Jawa dan Bali. Harapannya harus lebih baik,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya