Jebol Plafon Konter, 2 Maling Gasak Puluhan HP di Kartasura Sukoharjo

Dua maling menggasak puluhan HP berbagai merek dengan menjebol plafon dan merusak kunci etalasi konter di Kartasura, Sukoharjo.

 Polisi menunjukkan kedua pelaku pembobol konter HP dan barang bukti berupa 24 HP berbagai merek di Mapolsek Kartasura, Selasa (28/9/2021). (Istimewa/Polsek Kartasura)

SOLOPOS.COM - Polisi menunjukkan kedua pelaku pembobol konter HP dan barang bukti berupa 24 HP berbagai merek di Mapolsek Kartasura, Selasa (28/9/2021). (Istimewa/Polsek Kartasura)

Solopos.com, SUKOHARJO — Aparat Polsek Kartasura, Sukoharjo, menangkap dua maling pembobol konter HP FR Store Solo di Dusun Mendungan, Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Kedua pelaku menggasak puluhan HP berbagai merek di dalam etalase kaca konter itu pada Minggu (26/9/2021) malam.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa (28/9/2021), kedua pelaku masing-masing TS, warga Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, dan SK, warga Dusun Mendungan, Desa Pabelan, Kecamatan Kartasura. Saat kejadian, kedua pelaku masuk ke konter HP melalui plafon atap yang dirusak.

Kapolsek Kartasura, AKP Mulyanta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengatakan petugas menerima laporan pencurian puluhan HP pada Senin petang. Tak berapa lama kemudian, petugas mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Baca Juga: DKK Sukoharjo: Target Vaksinasi Seharusnya 23.400 Orang/Hari

“Petugas memeriksa beberapa saksi termasuk pemilik konter HP di lokasi kejadian. Kedua pelaku memanjat dan menjebol plafon atap untuk masuk ke konter HP,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Petugas juga memeriksa rekaman kamera closed circuit television (CCTV) konter HP yang dibobol maling di Kartasura, Sukoharjo, itu. Dalam rekaman kamera CCTV, aksi pencurian HP yang dilakukan kedua pelaku berlangsung cukup cepat.

Merusak Kunci Etalase

Mereka mengambil HP berbagai merek setelah merusak kunci etalase kaca. Para pelaku lantas melarikan diri melewati lubang plafon atap yang dirusak.

Baca Juga: 22 SMA/SMK Sukoharjo Sudah PTM, Ini Daftarnya

“Pemilik toko lantas mengabarkan peristiwa ini kepada sesama pemilik dan pengelola konter HP di Singosaren Plaza Solo. Sehingga apabila ada masyarakat yang menjual HP bisa diantisipasi sebagai pelaku pencurian,” ujar Kapolsek.

Benar saja, salah satu maling konter di Kartasura, Sukoharjo, itu mendatangi konter HP di Singosaren Plaza Solo pada Senin (27/9/2021). Pelaku hendak menjual beberapa gawai di salah satu konter HP.

Lantaran curiga, karyawan konter memotret pelat nomor sepeda motor milik pelaku. Petugas langsung melacak identitas diri pemilik sepeda motor tersebut.

Baca Juga: Kecil-Kecil, Magot Mampu Reduksi 6 Ton Sampah di Makamhaji Kartasura

Tak berapa lama, polisi menangkap TS yang tengah beristirahat di rumahnya. Berdasarkan hasil pengembangan penyelidikan, polisi kembali menangkap pelaku lain, SK, di Pengging, Kecamatan Banyudono, Boyolali.

“Kami menyita barang bukti dari tangan pelaku sebanyak 24 HP berbagai merek. Kerugian akibat pencurian di konter HP ditaksir senilai Rp51 juta,” tuturnya.

Kedua pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara maksimal tujuh tahun.


Berita Terkait

Berita Terkini

Duta Sheila on 7 Pun Ikut Antre Singkong Keju Produksi Jatinom Klaten

Duta, vokalis Sheila on 7, pernah ikut antre di outlet Singkong Keju Meletus pada awal produksi sekitar 2006.

Jadwal Pemadaman Listrik Klaten Hari Ini (27/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Klaten hari ini, Rabu (27/10/2021) yang berlangsung selama enam jam. Daerah mana saja yang terdampak?

Awas! Curah Hujan Jateng Diprediksi Sangat Tinggi pada Akhir Tahun

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta masyarakat di wilayah rawan bencana bersiap siaga menghadapi kemungkinan bencana akibat curah hujan tinggi akhir tahun ini.

Dosen UGM Komentari Kasus Menwa UNS Solo: Hapus Militerisme di Kampus!

Pengajar senior yang juga Kepala Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM, Najib Azca, ikut mengomentari kasus Menwa UNS Solo.

Solo Youth Edutech Festival 2021 Digelar Model Hybrid, Begini Konsepnya

YRP Solo mengadakan Solo Youth Edutech Festival 2021 mulai Selasa hingga Jumat menggunakan konsep hybrid, yakni secara virtual dan tatap muka langsung.

Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menonton film dokumenter tentang eks napiter yang berusaha kembali ke masyarakat saat berkunjung ke Sukoharjo.

PLTSa Putri Cempo Solo, Puluhan Kontainer Material Mulai Berdatangan

Investor pembangunan PLTSa Putri Cempo Solo mendatangkan puluhan kontainer material dari India, China, dan Austria.

Pekan Terakhir Solo Great Sale 2021, Banjir Promo Diskon hingga 50%

Sejumlah merchant memberikan beragam promo hingga diskon 50% pada pekan terakhir penyelenggaraan Solo Great Sale (SGS) 2021.

Warga Lansia dan ODGJ Gandekan Solo Disasar Vaksinasi Covid-19 Keliling

Pemerintah Kelurahan Gandekan, Jebres, Solo, bersama petugas Puskesmas Purwodiningratan melakukan vaksinasi Covid-19 keliling dengan sasaran warga lansia dan ODGJ.

Tips Hindari Teror Debt Collector Pinjol ala Bos Jasa Penagihan Solo

Bos perusahaan jasa penagihan Solo Giyatno membagikan tips cara agar terhindar dari teror debt collector pinjol yang dikenal kerap melakukan intimidasi.

Dari Olahan Singkong, Pengusaha Muda Ini Raup Omzet Ratusan Juta Rupiah

Pria asal Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom itu memulai usaha olahan singkong ketika masih kuliah di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2006.

Bupati Sukoharjo: Kartu Vaksin seperti KTP, ke Mana pun Wajib Dibawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyebut fungsi kartu vaksin Covid-19 saat ini sudah seperti KTP, ke mana pun wajib dibawa karena menjadi syarat akses ke berbagai tempat.

Apel Siaga Bencana, Bupati Boyolali Waspadai Bencana Alam dan Covid-19

 Said menekan pentingnya disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada semua masyarakat guna menghadapi pandemi ini.

Mudah, Cukup Lakukan Ini Untuk Cegah Tertular Leptospirosis

Ada beberapa langkah mudah untuk mencegah terinfeksi leptospirosis. Utamanya adalah pola hidup bersih.

Gelap Gulita saat Malam, Jembatan Nambangan Wonogiri Butuh Penerangan

Jembatan senilai Rp12,952 miliar yang baru selesai dibangun itu tidak diberi lampu penerangan sehingga gelap gulita saat malam.

Kenali Bahaya Leptospirosis yang Tewaskan 3 Warga Karanganyar

Leptospirosis seringkali diagnosisnya disalahartikan dengan penyakit lain. Namun, pada beberapa orang yang terinfeksi, gejalanya bisa tidak terdeteksi.