SOLOPOS.COM - Ilustrasi ramalan Raja Jayabaya (Sumber: Okezone.com)

Solopos.com, KEDIRI — Rabu Jayabaya yang menyandang gelar Sri Maharaja Warmmeswara Madhusudana Wataranindita Parakrama Digjayottunggadewanama Jayabhayalancana dikenal sebagai peramal legendaris. Dia adalah sosok Raja Kediri yang dikenal memiliki keahlian meramal masa depan.

Berdasarkan catatan sejarah, Kediri mencapai kejayaan di bawah kepemimpinannya. Dikutip dari Wikipedia, Rabu (24/11/2021), nama besar Jayabaya tercatat dalam ingatan masyarakat Jawa. Namanya muncul dalam berbagai kesusatraan Jawa era Mataram Islam, seperti pada Babad Tanah Jawi dan Serat Aji Pamasa. Konon, Jayabaya adalah titisan Wisnu yang berasal dari negara Widarba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: 2 Ramalan Ramalan Jayabaya Ini Sudah Terbukti Benar

Ekspedisi Mudik 2024

Prabu Jayabaya merupakan raja terkenal dari Kerajaan Kediri. Saat sudah tua dia dikisahkan turun takhta dan moksa di Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. Sampai saat ini petilasannya dikeramatkan oleh warga sekitar.

Salah satu hal yang paling terkenal dari Prau Jayabaya adalah ramalannya tentang Nusantara di masa mendatang. Dalam ramalan itu disebutkan akan datang suatu masa penuh bencana di mana gunung-gunung akan meletus, bumi berguncang, serta laut dan sungai meluap. Masa penuh penderitaan, kesewenang-wenangan, ketidakpedulian, hingga orang-rang licik berkuasa dan orang baik tertindas.

Baca juga: 5 Fakta Gunung Slamet: Mitos Ramalan Jayabaya – Pulau Jawa Terbelah

Tapi, setelah masa yang paling berat itu, akan datang zaman baru, zaman yang penuh kemegahan dan kemuliaan. Zaman Keemasan Nusantara. Dan zaman baru itu akan datang setelah datangnya sang Ratu Adil, atau Satria Piningit.

Ramalan itu ditulis ratusan tahun lalu, namun masih menjadi mitos yang dipercaya sebagian orang Jawa masa kini. Hal ini menunjukkan bahwa Prabu Jayabaya adalah seorang peramal legendaris yang populer sepanjang masa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya