Tutup Iklan

Jawa Barat Juara Umum PON XX Papua, Jateng Digeser Bali

PON XX Papua secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia, K.H. Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10/2021) malam.

 Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

SOLOPOS.COM - Suasana pertunjukkan kembang api saat Upacara Penutupan PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

Solopos.com, PAPUA — PON XX Papua secara resmi ditutup oleh Wakil Presiden Indonesia, K.H. Maruf Amin di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10/2021) malam. Jawa Barat keluar sebagai juara umum sekaligus mempertahankan gelar juara bertahan PON.

Jawa Barat mengoleksi total 353 medali dengan rincian 133 medali emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Dengan perolehan itu, Jabar tercatat sebagai kontingen raihan medali terbanyak.

DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan koleksi 301 medali dengan rincian 111 emas, 91 perak, dan 99 perunggu. Peringkat ketiga diraih oleh Jawa Timur dengan koleksi 110 emas, 89 perak, dan 88 perunggu.

Baca Juga: Mahasiswi UNS Solo Raih Medali PON Saat Hamil, Rektor: Kuliah Gratis!

Provinsi Jawa Tengah berada di urutan ke-6 setelah tergeser dari Bali di urutan kelima. Jawa Tengah mengoleksi 27 emas, 47 perak, dan 64 perunggu. Sementara itu, Bali mengoleksi 28 emas, 25 perak, dan 53 perunggu.

Melansir website resmi PON Papua, tercatat 7.039 atlet mengikuti jalannya pertandingan. Dari 34 provinsi yang ikut dalam PON Papua, sebanyak 32 provinsi berhasil meraih medali emas. Hanya Sulawesi Barat dan Maluku Utara yang gagal meraih medali emas dan perak.

Sebelumnya, Wakil Presiden Indonesia, Maruf Amin, sebagai penutup upacara PON XX Papua, mengatakan bahwa sejarah Indonesia telah mencatat kesuksesan Papua dalam menggelar PON pertama kalinya. Ia mengapresiasi seluruh pihak yang bersinergi bersama untuk membuktikan Papua bisa menggelar PON.

“Masyarakat Papua telah membuat saya jatuh hati, Papua sa cinta ko. Sudah dua pekan PON terselenggara dan mencapai telah mencapai puncak. Kami mengapresiasi pemerintah Papua, masyarakat Papua seluruhnya atas penyelenggaraan PON Papua yang sukses,” kata dia.

Baca Juga: Keren! Penutupan PON XX Papua Malam Ini Diwarnai Pesta Kembang Api

Ia menambahkan ada beberapa catatan penting yang membuat PON XX Papua tidak mudah. Pembangunan infrastruktur olahraga di Papua dilakukan sangat cepat namun berkualitas Internasional. Lalu, lokasi penyelenggaraan PON tersebar di beberapa wilayah seperti Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke.

Padahal jarak antarkota cenderung sangat jauh dan baru pertama kali terjadi sepanjang PON digelar. Lalu, PON XX Papua digelar dalam keadaan pandemi yang memerlukan perhatian protokol kesehatan ekstra.


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Keren, Dechapol/Sapsiree Sikat Bersih 3 Gelar Ganda Campuran IBF 2021

Sukses besar diraih ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang memboyong tiga gelar juara dari ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

Final BWF World Tour: Kevin/Marcus Hadapi Hoki/Kobayashi asal Jepang

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2021 akan dilaksanakan, Minggu (5/12/2021) mulai pukul 12.00 WIB di Nusa Dua, Bali.

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.