SOLOPOS.COM - Salah satu peserta Java Expo 2015, Anna Amelia, menunjukkan kain batik kepada salah satu pengunjung di kompleks Benteng Vastenburg, Jumat (12/6/2015). (JIBI/Solopos/Shoqib Angriawan)

Java Expo 2015 digelar di Benteng Vastenburg Solo.

Solopos.com, SOLO — Transaksi perdagangan langsung dalam event Java Expo 2015 yang digelar di halaman Benteng Vastenburg Solo, pada Rabu-Minggu (10-14/6/2015), mencapai Rp2,1 miliar.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Jumlah itu memang hanya separuh dari target yang diharapkan, tetapi panitia mengaku puas dengan hasil pameran berkonsep perdagangan, investasi, dan pariwisata di Solo tersebut.

Direktur Sinergi Event, Daryono, mengatakan transaksi langsung senilai Rp2,1 miliar tersebut terdiri atas Rp1,75 miliar dari stan Java Expo dan Rp375 juta dari stan Mikro Expo.

Menurutnya, puncak keramaian terjadi pada Sabtu (13/6/2015) malam.

“Sabtu malam luar biasa bagus dan hampir merata di seluruh stan. Target kami awalnya memang Rp4 miliar, tetapi sudah terpenuhi 50 persen sudah bagus. Sampai saat ini, transaksi langsung mencapai R2,1 miliar,” ujarnya saat dihubungi solopos.com, Minggu.

Potensi kenaikan transaksi tersebut masih bisa bertambah karena peserta pameran banyak yang mendapatkan pembelian secara tidak langsung maupun pesanan.

Selain meningkatkan pendapatan peserta, menurutnya, pameran tersebut juga bermanfaat menjalin jaringan pemasaran. Peserta juga bisa membandingkan kualitas produk miliknya dengan yang lain.

Lebih lanjut, dia mengaku penyelenggaraan Java Expo masih membutuhkan banyak promosi. Dia juga meminta kerja sama antar pemerintah daerah (Pemda) untuk memberikan dukungan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dari 60 stan Mikro Expo, baru 20 stan yang diberikan gratis untuk UMKM.

Sebelumnya, untuk memeriahkan pameran, panitia Java Expo 2015 menghadirkan bermacam hadiah undian dan hiburan. Hadiah undian ini tidak hanya untuk menarik pengunjung tapi juga mendata transaksi yang terjadi selama pameran.

Hadiah menarik yang disiapkan di antaranya satu set mebel seharga Rp10 juta, tiket pesawat Solo-Jakarta pergi-pulang (PP) dan tiket Solo-Bali PP. Dia menjelaskan pengunjung bisa mengikuti undian berhadiah dengan melakukan transaksi minimal Rp25.000 dan berlaku kelipatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya