SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SURABAYA—Istiqomah, 30 tahun, seorang Tenaga Kerja Wanita asal desa Karang Gandu, Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Jawa Timur dikabarkan tewas setelah terjatuh dari lantai 10 rumah majikannya di Hongkong, pada 21 September 2011.

“Setelah kami telusuri, penyebab tewasnya akibat terjatuh dari lantai 10, tapi kami akan cari tahu,” kata Suprapti, koordinator Advokasi LSM pemerhati buruh migran, Migrant Institute hari ini (4/10).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Data yang ada di Migrant Institute, Istiqomah sudah bekerja di rumah milik Choi Nai Nai yang berada di kawasan Pok Fu Lam Hongkong sejak setahun lalu. Sejak itu, tak pernah ada kabar hingga ada informasi stiqomah mengalami kecelakaan kerja yang berujung kematian.

Ekspedisi Mudik 2024

Migrant Institute sendiri mendesak pemerintah segera mengusut dan mencari penyebab kematian Istiqomah. Juga berperan memulangkan jenazah korban. “Jangan sampai kasus Kikim Komalasari (TKW asal cianjur Jawa Barat) yang baru bisa dibawa pulang setelah 10 bulan meninggal terulang lagi,” ujar Suprapti.

Kematian Istiqomah menambah daftar panjang TKW yang tewas saat bekerja. Pekan lalu tenaga kerja asal Majalengka, Jawa Barat, Juju Juhanah tewas di Thaif, Saudi Arabia. Kabarnya juga jatuh dari  apartemen. Saat dikonfirmasi Kepala Badan Nasional Pengiriman dan Perlindungan Tekana Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jumhur Hidayat, mengaku masih menelusuri kasus tersebut. Karena itu, Migrant Institute juga mendesak Presiden tetap melakukan moratorium TKI hingga batas yang tidak ditentukan khususnya pengiriman TKI ke negara yang berpotensi negatif, seperti Arab Saudi, dan Malaysia.(Tempointeraktif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya