SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Reuters)

Harianjogja.com-Pernahkah Anda merasa tergila-gila karena cinta? Atau merasa diri dimabuk cinta? Ilmuwan membuktikan bahwa istilah seperti itu didasari oleh fakta.

Perasaan cinta yang penuh gairah dan sangat kuat dapat mengacaukan pikiran dan tubuh Anda, mulai dari mempengaruhi cara berbicara Anda sampai cara Anda berjalan. Berikut ini adalah fakta seputar hal-hal aneh yang bisa terjadi saat Anda jatuh cinta, seperti dirangkum laman Huffington Post.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1. Cinta membuat Anda bodoh dan semakin bodoh. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang jatuh cinta penuh gairah, cenderung sulit untuk fokus dan melakukan pekerjaan yang menuntut perhatian.

“Ketika Anda berkomitmen dalam sebuah hubungan percintaan, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk fokus pada hal-hal lain karena Anda menghabiskan sebagian besar kemampuan kognitif untuk memikirkan orang yang dicintainya,” ujar Dr. Henk van Steenbergen, asisten profesor di Leiden University di Belanda.

2. Cinta membuat Anda mabuk. Ketika Anda jatuh cinta, sistem saraf yang sama yang terkait dengan kecanduan kokain menjadi aktif, memberikan Anda perasaan yang meluap-luap (euforia).

“Anda dapat merasa sangat gembira ketika jatuh cinta. Anda dapat merasa sangat gembira, mirip ketika sedang mabuk kokain,” kata Dr. Lucy Brown, seorang profesor neurologi dan ilmu saraf di Albert Einstein College of Medicine di New York, mengatakannya pada CNN.

3. Cinta membuat Anda lebih kuat terhadap rasa sakit. Lupakan vicodin (obat penghilang rasa sakit), karena yang Anda butuhkan hanyalah perasaan jatuh cinta.

“Ternyata beberapa area otak yang diaktifkan oleh perasaan cinta yang amat sangat adalah area yang sama yang digunakan obat untuk mengurangi rasa sakit,” jelas Dr. Arthur Aron, seorang profesor psikologi di State University of New York di Stony Brook, dalam sebuah pernyataan tertulis yang dirilis oleh Universitas Stanford.

4. Cinta membuat Anda berjalan lebih lambat. Hal ini berlaku bagi para pria. Para peneliti menemukan bahwa pria menyesuaikan kecepatan berjalannya dengan kecepatan kekasih yang disayanginya. Fenomena yang aneh ini tak terjadi ketika mereka berjalan dengan seseorang yang hanya dianggap teman.

5. Cinta mengubah denyut jantung Anda sesuai dengan orang spesial tersebut. Para peneliti menunjukkan bahwa ketika Anda jatuh cinta, jantung Anda berdegup sama cepatnya dengan pasangan Anda sehingga mereka ada pada tingkat kecepatan yang sama. Romantisnya!

6. Cinta membuat suara Anda naik satu oktaf. Wanita cenderung bicara dengan nada yang lebih tinggi kepada pria dianggap menarik olehnya. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sedang jatuh cinta kadang-kadang mencoba untuk meniru atau mencocokkan nada pasangan mereka sebagai cara untuk mengekspresikan kasih sayang dan kebersamaan.

7. Cinta membuat Anda buta. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sedang dalam hubungan berkomitmen, yang telah secara aktif memikirkan pasangannya, benar-benar memalingkan wajah dari lawan jenis tanpa sadar. Hal itu disebut tindakan bias atensi tak sadar.

8. Cinta mengubah Anda menjadi pemberani. Kita semua pernah mendengar cerita-cerita tentang ksatria berbaju baja yang mempertaruhkan segalanya untuk kekasihnya. Penelitian mengenai perilaku pengambilan risiko pada pria dan wanita menunjukkan bahwa pria cenderung lebih bersedia melakukan risiko yang sebenarnya tak perlu untuk seorang pasangan yang dikasihi.

9. Cinta membuat pupil Anda membesar. Tak heran jika mata disebut sebagai jendela jiwa, karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelebaran pupil mata berkorelasi dengan keadaan emosional yang kuat, seperti jatuh cinta. (Kabar24.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya