Jatisari Edu Park, Upaya Desa di Wonogiri Kurangi Pengangguran dan Boro

Pemerintah Desa (Pemdes) Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri membangun Jatisari Edu Park di Dusun Tanduran RT 004/RW 003, desa setempat.

 Jatisari Edu Park di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Rencananya, Jatisari Edu Park akan dibuka, 28 Mei 2022. (Solopos.com/Muhammad D. Praditia)

SOLOPOS.COM - Jatisari Edu Park di Dusun Tanduran, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Rencananya, Jatisari Edu Park akan dibuka, 28 Mei 2022. (Solopos.com/Muhammad D. Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Desa (Pemdes) Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri membangun Jatisari Edu Park di Dusun Tanduran RT 004/RW 003, desa setempat. Jatisari Edu Park diharapkan dapat mengurangi angka pengagguran di Desa Jatisari.

Rencananya, Jatisari Edu Park seluas tiga hektare (ha) dibuka secara resmi, 28 Mei 2022. Tiket yang akan dijual berupa paketan dan per orang. Satu paket yang terdiri ibu dan anak senilai Rp85.000. Sementara, tiket per orang senilai Rp50.000.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Jatisari Edu Park diharapkan menjadi tempat tujuan bagi wisatawan. Jatisari Edu Park juga menyediakan berbagai wahana outbond bagi anak-anak.

Wahana yang disediakan seperti jembatan goyang, ban untuk melompat, merayap, merangkak, meyeimbangkan tubuh, memanjat dinding, dan berbagai wahana lain melatih motorik anak-anak.

Di Jatisari Edu Park dilengkapi dengan saung di tengah persawahan. Di sebelah timur saung terdapat tanaman porang. Di sebelah barat saung terdapat tanaman padi yang masih hijau.

Baca Juga: Ini Wisata Baru di Wonogiri yang Layak Dikunjungi saat Libur Lebaran

Jatisari Edu Park diharapkan dapat mengurangi angka pengagguran di Desa Jatisari. Proyek tersebut melibatkan banyak orang. Kelak, ibu-ibu di sekitar Tanduran akan dilibatkan agar bisa berjualan di Jatisari Edu Park. Sedangkan para pemuda bisa berkontribusi sebagai pengelola.

“Sebagian besar para pekerja di sini merupakan bekas kaum boro. Mereka kami tarik dan ajak untuk bekerja di desa. Sekitar 15 orang yang bekerja untuk merawat porang itu dulunya perantau. Sekarang alhamdulillah sudah bisa bekerja di sini,” kata Kepala Desa (Kades) Jatisari, Kecamatan jatisrono, Teguh Subroto, saat ditemui Solopos.com, Sabtu (14/5/2022).

Ide agroeduwisata yang sedang digarap berawal dari seringnya orang yang datang ke Jatisari untuk belajar menanam porang. Hampir setiap hari, orang dari berbagai wilayah di Indonesia kerap datang menimba ilmu kepada Teguh belajar tentang porang.

Tidak hanya petani, berbagai kalangan seperti mahasiswa, dosen, peneliti, dan lembaga pertanian pun kerap datang kepadanya. Dari sana, ia mencoba membuat wisata edukasi pertanian agar orang-orang yang datang kepadanya dapat belajar di Jatisari Edu Park.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Wonogiri Ini Hasilkan Rp666 Juta saat Momen Lebaran

“Tapi yang jauh lebih penting, tujuan dibangunnya Jatisari Edu Park ini adalah pemberdayaan masyarakat. Kami melibatkan masyarakat lokal agar mereka itu merasa diajak dan memiliki Jatisari Edu Park. Siapa pun masyarakat lokal yang mau berinvestasi di sini, dipersilakan. Kami membuka lebar. Tidak harus dalam betuk uang tapi juga barang,” kata Teguh.

Salah seorang pekerja, Parno, mengamini hal tersebut. Ia bekerja merawat porang seluas tiga ha di Jatisari Edu Park.

“Senang. Bersyukur bisa kerja di rumah. Upah juga lumayan banyak. Sehari senilai Rp100.000. Enak kerja di kampung dekat dengan keluarga,” kata Parno.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Harga Tiket BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri Murah, Fasilitas Ciamik

BRT Trans Jateng jurusan Solo-Wonogiri tarifnya lebih murah dari bus bumel dan dilengkapi fasilitas ciamik.

Begini Kronologi Penemuan Mayat Pria di Sawah di Cangkol Mojolaban

Korban ditemukan di area persawahan di Dukuh Cangkol, Desa Cangkol, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Korban merupakan warga sekitar bernama Mulyosuwito, 73. Berdasarkan keterangan dokter, korban meninggal karena terjatuh dan terjadi pendarahan dalam

Jaga Kewan, Cara Pemkab Boyolali Atasi Wabah PMK

Jaga Kewan merupakan upaya Pemkab Boyolali dalam menangani wabah PMK di Boyolali.

Kecamatan Terkecil di Sragen Ternyata Hanya Punya 2 Desa

Kecamatan terkecil di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, ternyata hanya memiliki dua desa dan enam kelurahan saja.

Solopos Hari Ini: Aglomerasi Transportasi

Moda transportasi dengan wilayah operasi aglomerasi Soloraya membuka harapan sejumlah pihak, salah satunya pelaku wisata.

Mantap, Vaksinasi PMK Tahap I di Boyolali Selesai

Sebanyak 1.896 dosis telah disuntikkan untuk 1.400 sapi perah dan 500 sapi potong.

LPK di Karanganyar Harus Siap Hadapi Perubahan Pendidikan, Ini Caranya

Perubahan pola pendidikan saat ini begitu cepat dan berubah-ubah. Selain itu, globalisasi juga memunculkan persaingan di bidang jasa pendidikan.

Harga Tanah di Solo Capai Rp65 Juta/M2, di Mana Lokasinya?

Harga tanah per meter persegi di Kota Solo mencapai Rp65 juta. Kira-kira di mana lokasinya?

Siap-Siap, BRT Jateng Jalur Solo-Wonogiri Bertarif Rp4.000 Per Orang

BRT Trans Jateng rute Solo-Wonogiri bertarif Rp4.000 per orang dan Rp2.000 per pelajar dengan jarak tempuh 68 menit

Begini Cara Siswa Muhi Klaten Isi Liburan Sekolah Bersama UNS Solo

Kegiatan itu digelar dengan menggandeng tim pengabdian masyarakat Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (5/7/2022).

3 Menteri dan Gubernur Ganjar Bakal Ramaikan KTNA The Exporience 2022

Tiga menteri yang dijadwalkan hadir itu terdiri atas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi A. Halim Iskandar; dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

Dishub Jateng : BRT Trans Jateng Bukan Pesaing Bus Bumel

BRT dan bus trayek sama-sama menjadi penyedia layanan transportasi darat bagi masyarakat sesuai kebutuhan masing-masing.

Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/7/2022)

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Rabu, 6 Juli 2022.

Bolehkah Kelas Virtual Ada Ekstrakurikuler? Ini Jawaban Disdik Jateng

Siswa kelas virtual tidak akan kehilangan haknya. Mereka akan mendapat akses belajar dan berorganisasi di sekolah dengan sama. Hanya teknis pembelajarannya yang berbeda.

Mayat Pria Ditemukan di Sawah di Mojolaban, Sukoharjo, Meninggal Wajar?

Mayat ditemukan saat salah seorang saksi mata menemukan sepeda milik korban yang terparkir di pinggir jalanan sawah saat sedang membuang tikus.

Duh, Angka Balita Pendek di Sragen Tertinggi Keempat di Soloraya

Data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Sragen per 2021, angka stunting atau balita pendek di Sragen berada di 18,8%.