Tutup Iklan

Jatim Siapkan Pengungsian dan Masker untuk Pengungsi Gunung Agung Bali

Jatim Siapkan Pengungsian dan Masker untuk Pengungsi Gunung Agung Bali

SOLOPOS.COM - Dua wisman asal Inggris bersantai di Patal Kikian, Sidemen, Karangasem, Bali, yang berlatar belakang Gunung Agung, Jumat (29/9/2017). (Feri Kristianto/JIBI/Bisnis)

Aktivitas vulkanis Gunung Agung di Bali membuat warga sekitarnya mengungsi.

Solopos.com, SURABAYA -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) menyiapkan tempat pengungsian jika sewaktu-waktu ada limpahan pengungsi Gunung Agung di Bali. Lokasi pengungsian disiapkan di Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso hingga Lumajang.

Selain itu, Pemprov Jatim juga menyediakan 850.000 masker untuk mengantisipasi dampak Gunung Agung di Bali jika suatu saat meletus. "Jatim siap membantu semampunya, termasuk menyiapkan 850.000 masker," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di Surabaya, Senin (2/10/2017).

Dia meminta masyarakat di sekitar perbatasan dengan Bali yakni Kabupaten Banyuwangi dan sekitarnya tetap tenang serta menyiapkan diri mengantisipasi apa pun yang terjadi.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuh, menambahkan persiapan masker dilakukan di Jatim yang terdistribusi mulai dari Banyuwangi hingga ke Pasuruan, termasuk sampai ke daerah Malang.

"Kewaspadaan ancaman debu Gunung Agung dilakukan hingga ke Pasuruan karena menurut catatan sejarah ketika Gunung Agung meletus pada 1963, dampak abu letusan sampai ke wilayah Madura," ungkap Gus Ipul.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mencatat sejak 27 September 2017, arah angin selalu berembus ke barat sehingga letusan Gunung Agung kemungkinan akan berdampak hingga ke Jatim.

Gus Ipul melanjutkan untuk jalur transportasi, Dinas Perhubungan Provinsi juga telah siap menambah jadwal kereta api dan bus ke Banyuwangi jika memang diperlukan.

Tak itu saja, Pemprov Jatim telah mengorganisasi sukarelawan dari 165 organisasi yang siap mendukung kegiatan kemanusiaan jika Gunung Agung meletus, termasuk Basarnas yang berkantor di Surabaya juga telah siap sewaktu-waktu dibutuhkan.

Begitu juga Palang Merah Indonesia (PMI) yang  telah diajak koordinasi dan menyatakan kesiapsiagaannya, terutama PMI Banyuwangi hingga ke Probolinggo. "Seluruh bantuan dan komando kesiapsiagaan akan dilakukan oleh BPBD Jatim. Untuk saat ini, BPBD sendiri telah mengirimkan dua unit mobil dapur umum dan mengirimkan 15 personel ke Bali," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Covid-19 Mengkhawatirkan, Mabes Polri dan TNI Kirim Pasukan Bantu Perketat PPKM di Madiun

Mabes Polri dan TNI terjunkan pasukan gabungan untuk memperketat PPKM di Kabupaten Madiun dan Bangkalan yang kini jadi zona merah penyebaran Covid-19.

Copa America: Unggul 4 Gol Tanpa Balas, Brazil Terlalu Kuat untuk Peru

Brazil masih terlalu perkasa untuk Peru setelah mereka menang 4-0 dalam laga Copa America 2021 di Nilton Santos Stadium atau Olympic Stadium.

Panen Bersama di Madiun, Mentan dan Menko PMK Dorong Industri Pengolahan Porang

Mentan mendorong industri pengolahan komoditas porang terutama industri olahan yang siap ekspor.

Copa America 2021: Brasil Gilas Peru 4-0, Neymar 1 Gol

Brasil memuncaki klasemen sementara Grup A Copa America 2021 setelah menggilas Peru 4-0.

Percepatan Vaksinasi Bisa Tekan Angka Covid-19 di Kudus

Percepatan vaksinasi nasional termasuk di Kabupaten Kudus dinilai mampu  menekan laju penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah setempat.

Covid-19 Serang 14 Nakes, RS Elisabeth Purwokerto Ditutup Sementara

RS Elisabeth Purwokerto terpaksa menutup sementara semua pelayanan selama sepekan lantaran 14 tenaga kesehatan mereka terpapar Covid-19.

Petani Selo Boyolali Tanam Bawang Merah dengan Bibit Biji, Panen Perdana Hasilkan 9-10 Ton/Ha

Keuntungan usaha tani bawang merah dengan bibit biji antara lain menurunkan biaya produksi, penyimpanan serta distribusi lebih mudah.

Klasemen Grup C setelah Belanda Jadi Tim Ketiga Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Memphis Depay dan Denzel Dumfries menjadi aktor kemenangan Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Yamaha XSR 155 Jadi Andalan Sepeda Motor Harian dan Touring

Daya tarik XSR 155 kian melekat di hati konsumen Indonesia yang menjatuhkan pilihannya pada motor sport heritage itu.

Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Review pembeli sangat menentukan performa dan penjualan toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia.

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Samas Bantul, Ini Ciri-Cirinya

Mayat seorang pria paruh baya ditemukan di pinggir Pantai Samas Bantul. Belum diketahui identitas mayat tersebut.

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.