SOLOPOS.COM - Ilustrasi hemat energi

JAKARTA- Provinsi Sumatera Selatan, Jawa Tengah dan Sulawesi Utara menjadi provinsi terbaik dalam kegiatan tantangan satu bulan penghematan energi yang dilakukan di sembilan provinsi.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sosialisasi Program Penghematan Energi dan Workshop Gugus Tugas Hemat Energi dan Air yang telah dilaksanakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sejak April 2012 hingga Agustus 2012 di 9 provinsi , yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau/Batam, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

“Ini mengajak kita untuk mengurangi pemakaian energi yang biasanya berlebih,” kata Direktur Konversi Energi Ditjen Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Kementerian ESDM Maryam Ayuni, di sela-sela acara EECCHI Publics Awards in Energy Efficiency, Sabtu (6/10/2012).

Kegiatan ini melihat kebijakan-kebijakan apa saja yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam menindaklanjuti keluarnya Instruksi Presiden Nomor 13/2011 mengenai Penghematan Energi dan Air, Peraturan Menteri Nomor 13 Tahun 2012 tentang Penghematan Pemakaian Energi Listrik.

Kebijakan yang dinilai antara lain Instruksi Gubernur/Bupati/Walikota tentang kegiatan penghematan energi dan air, Pembentukan Gugus Tugas Hemat Energi dan Air di tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan semua bentuk kegiatan yang bertujuan memperkuat, mendorong dan menginisiasi kegiatan-kegiatan penghematan energi dan air di daerah.

Seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh daerah diorganisir oleh Gugus Tugas Hemat Energi dan Air untuk melaksanakan kegiatan 3M. Yang dimaksud kegiatan 3 M adalah mematikan lampu yang tidak dipergunakan atau mengurangi konsumsi listrik untuk lampu, mencabut colokan listrik dari alat-alat yang menggunakan energi listrik setelah selesai digunakan dan menetapkan suhu penyejuk ruangan (AC) pada Suhu 24-26 deajat celcius

“Untuk wilayah Sumatera yang menang Sumatera Selatan, kemudian wilayah Jawa-Bali pemenangnya Jawa Tengah dan wilayah Kalimantan-Sulawesi pemenangnya Sulawesi Utara.

Selain kegiatan tantangan di sembilan provinsi, ada juga kegiatan Energy SWITCH yang merupakan program bantuan yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan EECCHI kepada institusi/perusahaan untuk hemat energi melalui langkah-langkah yang tidak memakan biaya besar.

Peserta Energy SWITCH mengikuti langkah-langkah dalam Energy SWITCH, yang membantu mereka untuk merencanakan program dan kegiatan hemat energi. Adapun sembilan instansi yang terlibat dalam Energy SWITCH 2012 adalah The Body Shop Indonesia, PT Nutrifood Indonesia, PT Len Industri, Hotel Ibis Malioboro, Mal Malioboro Yogyakarta, Sampoerna School of Business, DHL Indonesia, PT ISBG Communiaction,Yayasan Indecon.

“Penghematan yang bisa dilakukan, rata-rata dari sektor industri dan rumah tangga berkisar antara 15 %-25 %,” tambahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya