Jateng Terima 248.600 Vial Vaksin, 12 Daerah Ini Siap Gelar Vaksinasi Tahap Pertama
Petugas medis menyuntikkan vaksin Sinovac kepada perwakilan tenaga kesehatan (nakes) pada Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (14/1/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SEMARANG -– Sebanyak 248.600 vial vaksin virus corona jenis Sinovac telah tiba di Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (23/1/2021).

Vaksin sebanyak itu langsung didistribusikan ke 12 kabupaten/kota di Jateng yang akan melangsungkan proses vaksinasi Senin (25/1/2021).

Ke-12 daerah itu yakni Karanganyar, Kota Salatiga, Batang, Grobogan, Kudus, Boyolali, Pati, Kendal, Jepara, Klaten, Demak, dan Wonogiri.

“Jadi Jateng itu dapat 248.600 vial dan ini diangkut dengan mobil vaksin. Sudah masuk ke kita [Pemprov Jateng], kita sudah siapkan proses distribusinya,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Sabtu (23/1/2021) malam.

Bakal Panas Di Penyisihan! Begini Hasil Drawing Lomba Cerdas Cermat Virtual FAM 2021

Ganjar mengatakan 248.600 dosis vaksin itu dikirim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Sabtu dini hari. Pengiriman ditujukan ke Gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng yang terletak di Kawasan Industri Tambakaji, Kota Semarang.

Ini merupakan pengiriman vaksin kedua yang diterima Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Sebelumnya, Jateng juga telah menerima sekitar 62.000 dosis vaksin jenis Sinovac.

Persiapan

Namun, 62.000 dosis vaksin yang dikirimkan pada 14 Januari itu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di tiga kabupaten/kota, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

Sementara pengiriman kedua dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di 12 kabupaten/kota yang selama ini belum menggelar vaksinasi Covid-19.

Semakin Dekat Dengan Pelanggan, PLN Luncurkan Aplikasi New PLN Mobile

Ganjar berharap daerah yang telah mendapatkan vaksin, segera melakukan persiapan sehingga Senin nanti sudah melaksanakan vaksinasi.

“Jadi kalau hari ini [Sabtu] langsung diambil, harapannya Minggu [24/1/2021] segera mempersiapkan. Senin eksekusi,” tegas Ganjar.

Sementara itu, untuk tiga daerah yang telah melaksanakan vaksinasi mulai 14 Januari, Ganjar mengatakan pemberian vaksin termin kedua sudah bisa dilakukan 28 Januari nanti.

“Tahap keduanya sudah kita siapkan dosisnya sejak kemarin. Jadi rombongan yang pertama nanti disuntik lagi tanggal 28. Insyallah kita siap,” imbuhnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom