Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir dan memberikan sambutan di acara Tipitaka Chanting dan Ashalha Mahapudja 2563/2019 di Candi Borobudur, Minggu (14/7/2019). (Bisnis-Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menargetkan lima juta umat Buddha dari seluruh dunia datang ke Borobudur setiap tahunnya. Target itu disampaikan Ganjar Pranowo di hadapan ratusan biksu dan ribuan umat Buddha yang menghadiri peringatan Asalha Maha Puja 2563/2019 di Pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jateng, Minggu (14/7/2019).

"Beberapa waktu lalu, saya dipanggil Bapak Presiden, dan meminta saya agar Jateng bisa berkontribusi lebih banyak pada pertumbuhan ekonomi. Salah satu yang menjadi perhatian adalah sektor pariwisata," kata Ganjar Oranowo melalui siaran persnya yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Senin (15/7/2019).

Untuk meningkatkan pariwisata, Ganjar menaruh harapan besar pada sokongan kawasan Borobudur. Menurut dia, sebagai candi Buddha terbesar di dunia, Borobudur dapat disulap sebagai tempat yang paling ingin dikunjungi umat Buddha. "Dengan lima juta umat Budha yang datang tiap tahun, ditambah wisatawan lokal dan mancanegara, maka pariwisata di kawasan Borobudur akan berkembang pesat," tegasnya.

Ganjar menegaskan akan memberikan ruang, waktu dan tempat khusus bagi umat Buddha yang datang ke Candi Borobudur. Para pemeluk agama Buddha dipastikan dapat berkumpul, beribadah, ataupun melakukan wisata religi di Candi Borobudur dengan nyaman. "Berbagai kegiatan keagamaan di Borobudur juga akan kami dukung penuh.Maka pada hari ini, saya meminta bapak ibu pemeluk agama Budha yang hadir, untuk dapat menjadi duta keagamaan sekaligus duta wisata Jawa Tengah," tegasnya.

Keinginan Ganjar Pranowo itu disambut baik oleh  Ketua Sangha Theravada Indonesia, Bhante Subhapanno Mahathera. Dirinya mengatakan, banyaknya kegiatan keagamaan yang digelar di Candi Borobudur, maka akan sangat memungkinkan menyedot wisatawan dari mancanegara. "Kegiatan semacam ini sangat memungkinkan menyedot wisatawan dari berbagai negara. Mudah-mudahan ke depan dapat dikelola lebih baik lagi, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat seperti yang diinginkan pak Ganjar," ucapnya disambut tepuk tangan semua hadirin.

Peringatan Asalha Maha Puja 2563/2019 yang digelar di Candi Borobudur tersebut berlangsung meriah dan penuh dengan khidmad. Selain dihadiri ribuan pengunjung, turut hadir sejumlah tamu penting seperti Dirjen Bimas Budha Kementerian Agama Caliadi, perwakilan biksu dari sejumlah negara, Forum Kerukunan Umat Beragama dan undangan lainnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten