SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengecek ketersediaan logistik di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng di Kota Semarang, Kamis (2/1/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) siap memberikan bantuan untuk penanganan banjir di Jakarta. Sejumlah personel, peralatan, dan logistik pun siap dikirimkan ke daerah-daerah yang terkena bencana banjir itu.

“Kami prinsipnya standby. Kalau dibutuhkan, kami siap kirim personel ke Jakarta dan sekitarnya. Apalagi ini kan jaraknya dekat,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau rumah pompa di Kali Sringin, Kota Semarang, Kamis (2/1/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ganjar mengatakan pengiriman pasukan dari Jateng untuk penanganan bencana ke berbagai daerah sudah sering dilakukan. Seperti saat mengirimkan personel dan bantuan logistik ke lokasi bencana di Lombok, Sigi, maupun Palu, beberapa waktu lalu.

“Kami siap memberikan bantuan sebagai bentuk bahwa sakitnya kita semua ikut merasakan,” tuturnya.

Selain itu, Ganjar mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk saling tolong menolong membantu banjir. Ia juga meminta masyarakat untuk menghentikan caci maki serta hujatan kemarahan terkait bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya.

“Hentikan caci maki, marah-marah. Mari kita perbanyak gotong royong. Jateng siap membantu jika dibutuhkan Jakarta, Depok, Tangerang, dan sekitarnya. Personel kami siap, sebagian kami siapkan untuk standby di Jateng,” ujarnya.

Bencana banjir sebagian wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi, sejak Selasa (31/12/2019). Ketinggian air menyebabkan ribuan orang terpaksa mengungsi karena permukimannya teredam akibat curah hujan yang tinggi.

“Kalau logistik saya yakin Jakarta sudah siap. Yang dibutuhkan sekarang mungkin personel. Tapi, kalau memang dibutuhkan logistik kami juga siap membantu,” imbuh Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya