SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Jateng Sejahtera digagas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sebagai terobosan untuk memberikan bantuan langsung tunai Rp250.000/bulan kepada warga miskin.

Semarangpos.com, SEMARANG  – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) berencana meluncurkan program baru dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng bertajuk Jateng Sejahtera. Program itu dibuat untuk mengkaver masyarakat miskin yang tidak produktif yang selama ini belum diperhatikan oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami mau meluncurkan program Jateng Sejahtera untuk menjamin 12.600 kepala keluarga (KK) yang tidak terkaver pemerintah pusat. Nanti mereka kami kasih duit untuk jaminan kesehatan dan jaminan makan Rp250 ribu setiap bulannya per KK,” ujar Ganjar kepada wartawan di Semarang, Kamis (25/8/2016).

Ganjar menambahkan program Jateng Sejahtera ditujukan untuk masyarakat miskin non produktif, seperti penyandang cacat atau difable. Diperkirakan untuk menjalankan program ini dibutuhkan dana mencapai Rp9 miliar.

“Biasanya kalau cacat, enggak bisa gerak setelah kami data se Jateng hanya butuh duit Rp9 miliar dan tahun depan sudah saya anggarkan,” imbuh Ganjar.

Ganjar menambahkan keinginannya membuat program Jateng Sejahtera ini tak terlepas dari keprihatinannya akan kondisi masyarakat miskin non produktif, terutama yang berkebutuhan khusus. Hal ini tak lain karena masyarakat golongan itu acapkali tak terdata oleh pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan.

Terkait dana untuk program Jateng Sejahtera ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku tidak akan diambilkan dari dana bantuan sosial (bansos), melainkan murni dari anggaran negara.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya