Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menerima penghargaan dari Mendagri, Tjahjo Kumolo, pada Innovative Government Award 3 di Jakarta, Senin (7/10/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG – Jawa Tengah (Jateng) menyabet predikat provinsi paling inovatif 2019 versi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Predikat itu diberikan Kemendagri dalam acara Innovative Government Award yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Jateng menempati urutan pertama dalam kategori Pemerintah Provinsi Terinovatif. Urutan kedua diraih Jawa Barat, disusul Sumatra Barat, DKI Jakarta, dan Riau.

Sementara itu, untuk kategori Kota Terinovatif diraih Kota Denpasar. Sedangkan, Kabupaten Terinovatif disabet Kabupaten Banyuwangi.

Total ada lima kategori yang diperebutkan dalam Innovative Government Award 3 tersebut. Selain Provinsi Terinovatif, Kota Terinovatif, dan Kabupaten Terinovatif, penghargaan juga diberikan untuk kategori Daerah Perbatasan Terinovatif dan Daerah Tertinggal Terinovatif.

Baca juga KPK Rilis Hasil Survei, Jateng Paling Antikorupsi, Begini Komentar Ganjar…

Total ada 32 Pemda peraih penghargaan dengan penilaian utama tata kelola pemerintahan, layanan publik, dan layanan lainnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, berharap penghargaan ini bisa memacu pemerintah daerah untuk semakin bersemangat melakukan inovasi di bidang tata kelola pemerintahan dan layanan publik. Tujuannya tak lain agar pembangunan dan pemerataan pertumbuhan ekonomi benar-benar dirasa masyarakat.

Tjahjo juga menyebutkan jika inovasi yang dilakukan pemerintah daerah tahun ini meningkat tajam, sekitar 217%. Pada tahun 2018 lalu ada sekitar 3718 inovasi yang dilakukan pemerintah daerah, sedangkan tahun ini sekitar 8.014 inovasi.

"Ke depan ini harus mewarnai pembangunan di daerah. Filosofinya adalah memangkas biaya, jalur birokrasi dan waktu. Selanjutnya harus jadi smart government. Ini harus didukung akademisi, para tokoh dan masyarakat," kata Tjahjo.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, sependapat dengan pernyataan Mendagri. Ia mengaku selama ini juga menerapkan pelayanan yang mudah, murah, dan cepat demi terciptanya akuntabilitas dan transparansi.

Baca juga Jateng Raih Penghargaan Kemenaker

“Dengan seperti itu banyak hal kita peroleh karena semua yang kita lakukan bisa dipertanggungjawabkan, sumber daya manusia semakin baik, dan yang paling penting adalah masyarakat terlayani dengan baik," kata Ganjar.

Ganjar berharap daerah-daerah yang selama ini jadi yang terbaik dalam berbagai penghargaan dijadikan role model, baik dalam bidang tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan, inovasi layanan publik maupun sistem kepemimpinan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten