Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati (kedua dari kiri), saat menghadiri jumpa pers di Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Rabu (6/11/2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan memasarkan produk 60 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayahnya ke Palembang.

Produk berupa fashion, batik, kerajinan, hingga makanan itu akan dipromosikan dalam acara bertajuk Jawa Tengah UKM Dekranas Expo di Palembang Indah Mall (PIM), Kota Palembang, Jumat-Sabtu (8-9/11/2019).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Jateng, Ema Rachmawati, mengatakan dalam event itu para pelaku UMK Jateng akan unjuk kebolehan dalam memasarkan produknya, bernegosiasi, maupun menangkap peluang pasar di Palembang.

Baca juga: Satpol PP Semarang Bongkar Tempat Karaoke MAJT

“Yang mencetuskan kegiatan ini Ketua Dekranasda [Dewan Kerajinan Nasional Daerah] Jateng [Siti Atikoh Ganjar Pranowo]. Harapannya, produk-produk di Jateng disukai dan diminati masyarakat maupun dunia usaha di Palembang,” ujar Ema saat menggelar jumpa pers di Kantor Gubernur Jateng, Rabu (6/11/2019).

Ema mengatakan event serupa juga pernah digelar Jateng pada tahun 2018 di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Saat itu, ada 41 UMKM yang mengikuti event tersebut dan mampu meraup omzet mencapai Rp683.266.500.

“Kami harap pencapaian serupa bisa menular di Palembang,” imbuh Ema.

Baca juga: Optimalkan Potensi Migas, Jateng Susun Perda PT Sarana Migas

Dari kegiatan ini, Ema berharap potensi produk kreatif unggulan UKM Jateng bisa lebih dikenal khalayak luas. Selain itu terjalin hubungan kerja sama pemajuan UKM lintas daerah, terjalinnya kontak bisnis pelaku usaha dengan buyer, reseller, dan masyarakat luas yang ditujukan untuk meningkatkan volume penjualan produk UKM Jateng.

“Kami juga ingin memberikan informasi sekaligus bahan riset tren dan dinamika pasar, juga membangun jaringan pasar/kontak bisnis bagi berbagai produk Jateng yang marketable,” tutur Ema.

Rangkaian kegiatan di Palembang dimulai dari pameran produk unggulan UKM Jateng, dan berlanjut ke Business Meeting Buyer dan Reseller, Fashion Show Never Ending Story of Jateng Iconic Batik, Lomba Mewarnai 500 Anak Paud, Vlog Competition UKM Jateng Naik Kelas dan Jateng UKM Expo, Kontes Busana Adat Jateng, Gelar Seni Budaya Jateng, serta penampilan artis keroncong asal Solo, Sruti Respati.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten