SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi CPNS. (Solopos-Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) tengah menyiapkan sejumlah simulasi untuk mengantisipasi adanya kekacauan saat berlangsungnya tes Calon Pegawai Negeri (CPNS) 2019. Simulasi yang akan digelar meliputi operasionalisasi kompeter hingga teknis di sekitar lokasi ujian.

"Akan ada simulasi. Simulasi mengoperasikan komputer dan simulasi ujian, termasuk simulasi keramaian. Karena server ada di Jakarta, kita siapkan sarana hardware di sini. Ketiga simulasi keramaian, antisipasi cuaca, alokasi waktu, konsumsi dan sebagainya. Apakah nanti perlu tenda atau bagaimana," ujar Ganjar, Kamis (7/11/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain simulasi, lanjut Ganjar, Pemprov Jateng juga bakal melakukan pengawasan khusus kepada pihak penyedia komputer. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kendala komputer yang digunakan peserta tes CPNS menyusul jumlah peserta yang membeludak.

Baca juga: Tertimpa Batu Granit, Pekerja Di Ambarawa Tewas

"Kita akan awasi secara khusus kepada pemenang tender. Menghindari kejadian ketika dia tidak mampu, karena seleksi ini diprediksi diikuti sekitar 70.000 pendaftar," ujarnya.

Pendaftaran tes CPNS di Pemprov Jateng akan dibuka selama 15 hari, mulai Senin-Selasa (11-26/11/2019). Pemprov Jateng akan membuka lowongan untuk 1.409 formasi atau posisi, sedangkan Pemkab/Pemkot se-Jateng ada 13.590 formasi.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga mengimbau kepada peserta untuk tidak percaya kepada calo, yang menjanjikan bisa masuk atau diterima CPNS.

"Saya mengingatkan, karena ini benar-benar transparan maka hindari calo. Nanti kita umumkan kalau di Jateng kemana harus melapor karena ada desk help-nya. Termasuk menggunakan teknologi informasi, mudah-mudahan lancar," ujar Ganjar.

Baca juga: Jateng Promosikan 60 Produk UMKM Ke Palembang

Ganjar juga mewanti-wanti jika ada oknum yang berbuat seperti dengan menyodorkan tarif bisa dipastikan adalah calo. Jika menemui kasus seperti itu, pihaknya pun tak segan untuk menyerahkan kepada pihak berwajib. Masyarakat pun diimbau untuk aktif melaporkan ke pihak berwenang.

Sementara itu, 1.409 formasi yang dibutuhkan Pemprov Jateng pada penerimaan CPNS 2019 terdiri dari 551 tenaga guru, 316 tenaga kesehatan, dan 542 tenaga teknis.

Ada dua jenis formasi yang dibuka, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude sejumlah 30 orang dan penyandang disabilitas 28 orang.

"Untuk ujian akan dilakukan Februari tahun depan dengan menggunakan sistem CAT [computer assisted test]. Jika ditemukan kesulitan, pelamar dapat mempelajari informasi yang tertuan pada Frequently Asked Question [FAQ] pada SSCASN yang menyediakan jawaban atas persoalan yang umumnya menjadi kendala," terang Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya