Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng Nugroho Rahmadi. (Antara-Wisnu Adhi)

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng) optimistis bakal memenuhi target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1,2 juta pada tahun 2019 ini.

Meski pun hingga Agustus 2019 ini, jumlah kunjungan wisman atau turis asing di Jateng baru mencapai 300.000-400.000 orang atau baru sekitar 33% dari target yang ditetapkan.

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengaku target wisman di 2019 ini masih bisa terpenuhi. Apalagi, Jateng masih memiliki banyak agenda wisata yang diyakini mampu menjadi magnet bagi turis asing.

“Kita kan masih banyak agenda wisata yang belum digelar. Salah satunya, Borobudur Marathon. Itu akan menarik banyak wisatawan mancanegara. Apalagi yang Dieng Culture Festival [DCF] kemarin juga belum kita hitung,” ujar Sinoeng saat dijumpai Semarangpos.com di Hotel Norman, Kota Semarang, Rabu (14/8/2019).

Selama ini, Borobudur Marathon memang banyak menarik minat wisatawan asing. Mereka tak hanya tertarik mengikuti event lari yang digelar pada November nanti, tapi juga ingin menikmati keindahan alam di sekitar Candi Borobudur.

Selain Borobudur Marathon, sepanjang Agustus-Desember nanti Jateng juga masih memiliki segudang agenda wisata yang masuk dalam daftar 100 Wonderful Events dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan bakal menyita perhatian turis asing. Event itu antara lain, Solo International Performing Art (SIPA) yang digelar di Solo, 5-7 September, dan Festival Payung Indonesia di Candi Borobudur, 6-8 September.

“Saya rasa kami tetap optimistis bisa memenuhi target itu. Kita masih punya banyak event untuk memenuhi target tersebut,” ujar Sinoeng.

Jumlah kunjungan wisman mencapai 1,2 juta orang di Jateng ini juga merupakan target dari Kemenpar. Kemenpar menargetkan Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mampu menarik kunjungan wisman mencapai 2 juta pada 2019.

Dari jumlah sebanyak itu, Jateng dibebani target 1,2 juta turis asing, sedangkan DIY sekitar 800.000 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten