SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) kembali mengirim bantuan ke korban bencana alam. Setelah sebelumnya mengirim bantuan ke korban bencana tsunami di Pandeglang, Banten, kini Pemprov Jateng menyalurkan bantuan untuk korban bencana tsunami di Lampung dan longsor di Sukabumi.

Bantuan yang dikirimkan Pemprov Jateng itu merupakan hasil sumbangan masyarakat yang diinisiasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng. Bantuan yang terkumpul mencapai Rp715.903.190 berupa logistik, mulai dari permakanan, pakaian ibu dan anak, tenda, hingga cangkul.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ini hasil donasi selama 24 jam dari masyarakat Jawa Tengah, pegawai PLN, PMI, PKK, OPD, KORPRI hingga BPBD,” kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Jateng, Sarwa Pramana, dalam keterangan resmi.

Bantuan tersebut rencana dikirim Sabtu (5/1/2019) pagi dan diperkirakan tiba di lokasi Minggu (6/1/2019). Ada enam truk dan 4 mobil yang mengangkut bantuan itu, disertai dengan 21 orang sukarelawan.

“Ini akan dibagi dua tim yakni 11 sukarelawan ke Sukabumi dan 10 orang ke Lampung, masing-masing tim terdiri 3 truk dan dua mobil,” katanya.

Bantuan ke Lampung dan Sukabumi itu dilepas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Kantor BPBD Jateng, Jl. Imam Bonjol, Kota Semarang, Jumat (4/1/2019).

Ganjar mengatakan bantuan itu merupakan upaya masyarakat Jateng membantu sesama yang sedang tertimpa musibah. Bukan hanya Sukabumi dan Lampung, beberapa waktu lalu masyarakat Jateng juga telah mengirim bantuan ke Pandeglang Banten.

“Lengkap kita datangi, Banten kemarin sudah, hari ini kita kirim ke Jabar dan Lampung dengan segala keterbatasan. Cara bekerja kita inilah yang mendorong setiap operasi kemanusiaan selalu ada tanggungjawab bersama, selalu ada sukarelawan bergerak dan selalu ada keikhlasan membantu,” katanya.

Ganjar juga mengatakan dirinya telah dikirimi video blogger (vlog) anak-anak Lampung yang menunjukkan kegembiraan meskipun kampung halamannya didera bencana. “Saya terharu dikirimi vlog dari anak-anak di Lampung mereka mengatakan ‘kami tidak takut pak, terima kasih’. Ini membuktikan kita semakin tangguh. Dan akhirnya mereka bisa kembali belajar,” katanya.

Untuk bantuan yang dikirim kali ini, Sukabumi khususnya, Ganjar mengatakan didominasi makanan bayi, pakaian anak, pakaian ibu serta hal-hal kecil yang menurut Ganjar sering terlupakan. Dia berharap para relawan yang berangkat agar memperhatikan kebutuhan korban dan selalu berkoordinasi dengan BPBD dan PMI setempat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya