SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus mengikutsertakan empat sukarelawan yang memiliki keahlian khusus pembuatan hunian sementara serta dapur umum ke lokasi bencana alam di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (5/10/2018). Mereka bergabung bersama 114 sukarelawan khusus dari kota dam kabupaten lain di Jawa Tengah yang dikirim melalui laut ke Sulteng.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengungkapkan keempat sukarelawan yang dikirimkan ke lokasi gempa bumi dan tsunami itu memang memiliki sejumlah keahlian. Keahlian mereka, di antaranya dalam membuat tempat hunian sementara, dapur umum, serta keahlian teknis lainnya yang mungkin dibutuhkan ketika di lokasi bencana, seperti teknik mesin, teknik kelistrikan, dan keahlian lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami juga mengirimkan satu unit truk yang berisi material untuk membangun hunian sementara,” ujarnya di Kudus, Jateng, Jumat.

Ekspedisi Mudik 2024

Keempat sukarelawan tersebut, kata dia, diberangkatkan Jumat untuk bergabung dengan sukarelawan lain dari kabupaten dan kota lainya di Jateng yang berjumlah 114 orang. Sekitar 114 sukarelawan tersebut diberangkatkan ke Palu dan Donggala, Sabtu (6/10/2018), sedangkan kembali pada 20 Oktober 2018.

Pihaknya juga telah merencanakan pemberian bantuan logistik, namun belum bisa direalisasikan karena akan dikumpulkan di Tanjung Priok Jakarta maupun Tanjung Emas Semarang terlebih dahulu. “Nantinya ada model pendistribusiannya tersendiri, sehingga masing-masing kabupaten/kota tidak perlu repot-repot hingga mendistribusikannya ke daerah terjadinya bencana,” ujarnya. 

Dalam rangka membantu meringankan beban korban gempa di Palu dan Donggala, SD Islam Terpadu Umar Bin Khathab Kudus melakukan aksi peduli lewat penggalangan dana dan doa bersama.  Siswa juga membacakan puisi tentang duka bencana alam, gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya