SOLOPOS.COM - Aktivitas buruh pabrik sepatu. (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Industri alas kaki Jawa Tengah diharapkan terus bertumbuh untuk menopang sektor tersebut secara nasional pada 2020. Asa itu tergurat di tengah penurunan kinerja sentra produksi di Banten sepanjang 2019.

Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri mengatakan bahwa selama ini Banten memang masih menjadi kontributor dominan bagi produksi alas kaki nasional.  Namun, kata dia, kinerja ekspor alas kaki pada periode Januari-September 2019 anjlok 12,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Di sisi lain, dia menjelaskan bahwa kinerja ekspor alas kaki Jateng justru bisa bertumbuh. "Pada 2020 kami berharap pada Jawa Tengah. Tahun ini, [kinerja ekspor alas kaki] Banten sangat turun, tapi Jateng tumbuh," ujarnya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta, Minggu (1/12/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Firman mengatakan pihaknya bakal terus mendorong perkembangan sentra produksi di Jateng sehingga mampu melanjutkan performa positif pada tahun depan. Sejumlah daerah industri alas kaki yang tengah berkembang di Jateng adalah Brebes dan Jepara.

Di sisi lain, jelasnya, pusat produksi di Banten juga terus diperluas. "Setidaknya di Jateng produk bisa dijual lebih murah dibandingkan dengan produksi di Banten. Jika Jateng bisa didorong terus pertumbuhannya, [kinerja] kami bisa kembali."

Untuk 2019, Firman mengatakan Aprisindo cukup realistis bahwa realisasi kinerja industri alas kaki kemungkinan besar menurun. Dengan kata lain, 2019 menjadi tahun dengan kinerja ekspor alas kaki terendah dalam satu dekade terakhir.

Pada awal tahun, asosiasi berharap kinerja ekspor mampu bertumbuh setidaknya 10% pada tahun ini. Namun, pada pertengahan 2019 pihaknya merevisi target tersebut menjadi stagnan.

"Kami berharap masih bisa tumbuh sekitar 0%-an atau sekadar tidak turun. Ini bisa jadi yang terendah 10 tahun terakhir, bahkan 20 tahun terakhir," kata Firman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya