Jateng Berpotensi Lampaui Target Investasi Lagi, Begini Indikasinya...

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah optimistis target investasi tahun 2018 ini akan tercapai. Jateng bahkan disebut kembali berpotensi melampaui target investasi.

Jateng Berpotensi Lampaui Target Investasi Lagi, Begini Indikasinya...

SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi. (coastalinvestment.ae)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah optimistis target investasi tahun 2018 ini akan tercapai. Jateng bahkan disebut kembali berpotensi melampaui target investasi.

Sepanjang Januari-September 2018, realisasi investasi di Jateng telah mencapai Rp41,94 triliun atau 88,95% dari target tahun ini senilai Rp47,15 triliun. Dengan hasil tersebut, realisasi investasi Jateng pada tahun 2018 ini berpeluang besar kembali melampaui target.

Sejak 2015, realiassi investasi Jateng selalu di atas target. Selain itu, realiasi investasi Jateng hingga kuartal III/2018 pun jauh melampaui realisasi pada periode yang sama tahun 2017 lalu dengan nilai Rp33,02 triliun.

Kepala DPMPTSP Jateng Prasetyo Aribowo mengatakan tren investasi di Jateng terus meningkat setiap tahunnya. Dia pun optimistis target investasi tahun ini akan tercapai sebelum akhir tahun. "Saya yakin bisa mencapai target tahun ini. Bisa juga lebih dari realisasi tahun lalu yang di atas Rp51 triliun," katanya, Rabu (31/10/2018).

Dari jenis investasinya, penanaman modal asing (PMA) menyumbang Rp21,46 triliun 51,17%. Sisanya sebesar Rp20,48 triliun atau 48,83% berasal dari penanaman modal dalam negeri (PMDN). Jateng pun semakin memantapkan posisinya di peringkat keempat sebagai provinsi dengan investasi terbesar baik untuk PMA maupun PMDN.

Peningkatan investasi baik dari PMA maupun PMDN tersebut tecermin juga dari serapan proyek yang dilaporkan ke LKPM. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, laporan PMA hingga kuartal III/2018 naik dari 890 proyek menjadi 936 proyek, sementara PMDN naik dari 1.050 proyek menjadi 1.647 proyek.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Timnas Target Sapu Bersih di Laga Kualifikasi Piala Dunia, Ini Respons Pemain Bhayangkara Solo FC

Timnas mencanangkan sapu bersih kemenangan dalam tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia yang akan digelar di Uni Emirat Arab (UEA).

Pemudik Berdatangan, Semua Camat di Kudus Diminta Proaktif

Semua Camat di Kudus proaktif berkoordinasi dengan pemerintah desa hingga Satgas Jogo Tonggo untuk memantau keberadaan pemudik di wilayah kerjanya.

7 Manfaat Tamanu Oil, Salah Satunya Mencegah Kerutan pada Kulit

Meski tak sepopuler minyak zaitun, tamanu oil juga punya segudang manfaat.

Ustaz Tengku Zulkarnain Positif Covid-19, Ini Cuitan Terbarunya di Twitter

Ustaz Tengku Zulkarnian dikabarkan positif Covid-19 namun kondisinya baik.

Modus Kocak Pemudik: Naik Ambulans Hingga Truk Pengangkut Motor

Ini dia tiga akal-akalan atau modus pemudik saat masa larangan mudik Hari Raya Idulfitri 2021, salah satunya ada yang naik ambulans.

DPW PKB Jatim Tak Akui Bupati Nganjuk Kader Mereka

DPW PKB Jatim sebut Bupati Nganjuk, Novi Rahmad Hidayat, kader PDIP, bukan kader PKB.

Turnamen Voli Antardesa di Banjarnegara Berlangsung Seru, Bukti Masyarakat Rindu Olahraga

Turnamen bola voli antardesa kembali dihelat oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui KONI dan PBVSI Banjarnegara.

Kehadiran Nissa Sabyan dan Ayus ke Rumah Iis Dahlia Tuai Cibiran Warganet

Kehadiran Nissa Sabyan dan Ayus dalam acara buka bersama yang diadakan Iis Dahlia.

Boyolali Terus Dorong Pelaksanaan Ujian Tanpa Kertas, Ini Keuntungannya

Ujian tanpa kertas yang dimaksud adalah ujian seperti biasa, namun dikerjakan melalui layanan Google Form.

Klaster Tarawih di Jateng Ditemukan di 5 Kabupaten, Mana Saja?

Penyebaran Covid-19 dari klaster tarawih terjadi di lima kabupaten di Jateng. Kepala Kanwil Kemenag Jateng kurang sepakat dengan penyebutan klaster tarawih.

MA Kabulkan Permintaan Terpidana Djoko Susilo Agar Asetnya Dikembalikan

MA mengabulkan permohonan terpidana kasus korupsi pengadaan simulator SIM, Djoko Susilo, yang meminta asetnya sebelum korupsi dikembalikan.

Ikatan Cinta 10 Mei 2021: Gegara Lihat Nino dan Elsa, Al Teriak Kesakitan

Inilah sinopsis singkat sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 10 Mei 2021 yang tayang di RCTI pukul 20.00 WIB selama Ramadan.