SOLOPOS.COM - Ilustrasi Bencana Alam. (Freepik)

Solopos.com, CILACAP — Sejumlah wilayah di Jateng berpotensi dilanda cuaca ekstrem, Rabu-Jumat (1-3/2/2023). Menyikapi hal itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

Wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem, Rabu (1/2/2023), yakni Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Temanggung, Kabupaten Pekalongan, Batang, Kebumen, Purworejo, Kabupaten/Kota Magelang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Boyolali, Klaten, Brebes, Kabupaten Tegal, Pemalang, Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara saat, Kamis (2/2/2023), cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Boyolali, Klaten, Kabupaten Semarang, Kabupaten/Kota Magelang, Salatiga, Brebes, Kabupaten Tegal, Kebumen, Purworejo, Wonogiri, dan sekitarnya.

Sedangkan, Jumat (3/2/2023) cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kabupaten Cilacap, Brebes, Boyolali, dan sekitarnya.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, mengatakan beberapa faktor pendukung terjadinya cuaca ekstrem tersebut, di antaranya fenomena Maden Jullian Oscillation (MJO) terpantau mulai aktif terutama di sisi barat wilayah Indonesia.

Selain itu, terdapat konvergensi di wilayah Jateng yang didukung dengan kelembapan udara yang relatif cukup tinggi dan labilitas lokal yang cukup labil. Sehingga hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Jateng, Rabu-Kamis (1-3/2/2023).

“Kami mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung sebagai dampak dari potensi cuaca ekstrem tersebut,” kata Teguh seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Selasa (31/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya