SOLOPOS.COM - Boneka mirip barbie di salah satu makam Bong Mojo Solo yang dibongkar, Rabu (23/10/2019). (Istimewa/Disperum KPP Solo)

Solopos.com, SOLO -- Jasad berbaju pengantin membawa boneka mirip barbie di makam Bong Mojo, Jebres, Solo, diketahui bernama Jap Trima Nio.

Perempuan asal Mojosongo, Jebres, Solo, itu meninggal pada 2008 lalu. Semasa hidup, Jap Trima Nio merupakan seorang pengusaha katering.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu diungkapkan cucu almarhum Jap Trima Nio, Hirawati Setiawan, 36, warga Wonorejo, Mojosongo, Solo, saat diwawancarai Solopos.com, Jumat (25/10/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Jasad Jap Trima Nio tidak akan direlokasi atau dikuburkan di tempat lain setelah makamnya di Bong Mojo Solo dibongkar. Keluarganya menghendaki agar jasad Jap Trima Nio dan suaminya dikremasi.

Jenazah Berbaju Pengantin di Bong Mojo Solo Sudah Jadi Kerangka, Bonekanya Masih Utuh

"Nenek sama kakek saya itu nanti dikremasi di Delingan [Karanganyar]. Jadi tidak dikubur lagi seperti tiga anggota keluarga lainnya," kata Hirawati.

Sebagaimana diinformasikan, makam Jap Trima Nio di Bong Mojo Solo dibongkar oleh petugas dari Pemkot Solo, Rabu (23/10/2019). Saat pembongkaran yang disaksikan sejumlah ahli waris makam, kondisi peti jenazah Jap Trima Nio membikin merinding.

Selain tulang belulang berbalut pakaian pengantin, di dalam peti itu juga ditemukan boneka mirip barbie yang juga dipakaikan baju pengantin. Para ahli waris makam yang menyaksikan merinding karena terkenang almarhum semasa hidup.

Nadiem Makarim Diprediksi Cuma Setahun Jadi Mendikbud

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kondisi peti jenazah Jap Trima Nio memang berbeda dibanding jenazah lainnya yang juga dibongkar pada hari itu. Kebanyakan jenazah lainnya yang rata-rata sudah menjadi tulang belulang tak ada yang memakai pakaian pengantin atau terdapat benda-benda seperti boneka.

Makam Bong Mojo di Jebres, Solo, dibongkar karena lahannya akan dipakai Pemkot Solo untuk membangun RSUD Jebres. Ada sekitar 190 makam di tempat permakaman umum (TPU) itu yang akan dibongkar dan direlokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya