SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

JIBI/Harian Jogja/Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Ilustrasi

Solopos.com, SOLO — Menjelang akhir tahun sejumlah hotel berbintang di Kota Solo panen agenda meeting, incentive, convention and exhibition (MICE).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Selain memaksimalkan tingkat okupansi, hotel juga mulai mengejar perolehan target pendapatan tahunan melalui agenda MICE yang diselenggarakan di hotel.

Public Relations Officer Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, Tia Kristiyanti, menyebutkan sepanjang Oktober ini okupansi MICE di KSPH sudah mencapai 80%. Angka ini meningkat dari okupansi MICE bulan September yang hanya sekitar 75%.

Dia memperkirakan tingginya okupansi MICE ini akan terus berlangsung hingga akhir tahun. Dan di KSPH, kata dia, reservasi MICE untuk November hingga Desember sudah mencapai 50%.

“Dari total tamu MICE, 90% adalah dari sektor pemerintahan. Banyak kementerian yang menggelar MICE di hotel kami. Bahkan ada beberapa yang harus disiasati karena jadwalnya bersamaan,” kata Tia, kepada Solopos.com, Rabu (9/10/2013).

Dia juga mengatakan sejumlah MICE yang digelar juga rata-rata membutuhkan kapasitas yang besar. “Di atas 300 pax.”

Tamu pemerintahan maupun korporat tentunya mulai membelanjakan anggaran dengan menggelar meeting. Bagi bisnis hotel, agenda MICE kini menjadi andalan mengingat potensi pasarnya cukup besar. MICE kini juga menjadi bagian dari perkembangan industri pariwisata. 60% tamu wisata berasal dari kalangan MICE.

Public Relations Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari, menyampaikan Oktober merupakan peak season bagi penyedia jasa MICE.

“Bulan ini luar biasa. Permintaan tidak hanya dari pemerintahan tetapi juga korport swasta dan pernikahan,” kata Retno.

Di The Sunan Hotel Solo tiga agenda berskala nasional sudah digelar awal bulan ini. Seperti konferensi dari Persatuan Perawat Gigi Indonesia dengan 700 orang, World Toilet Summit dan pekan ilmiah Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang mencapai 3.000 orang.
Dia juga menyebut tingginya agenda MICE ini akan tinggi hingga akhir tahun.

Public Relations Manager Lorin Solo Hotel, Kartika Oktavia Pravitasari, mengatakan reservasi MICE sepanjang Oktober ini sudah cukup tinggi di kisaran 80%. Mengingat posisinya di akhir tahun yang bertepatan dengan agenda belanja pemerintah maka mayoritas  tamu MICE ini berasal dari sektor pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya