SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri (kanan) bersalaman dengan pendiri Forum Masyarakat Disabilitas Indonesia (Formadina) Slamet Widodo, saat kampanye Pemilu 2024 lalu. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Wakil Ketua DPRD Jateng Quatly Abdulkadir Alkatiri yang berpulang, Senin (14/4/2024), berperan penting dalam membangun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di provinsi yang dijuluki kandang banteng ini.

Ketua DPD PKS Kota Solo, Daryono menjelaskan Quatly pernah menjadi Ketua PKS di Eropa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Quatly kembali ke Tanah Air dari Jerman sekitar tahun 2000 dan menjadi Ketua DPD PKS Kota Solo.

“Pemilu 2004 PKS berhasil mendapatkan empat kursi [DPRD Kota Solo] dari semula satu kursi. Beliau punya kepribadian yang luar biasa waktu itu. Hal yang berkesan bagi para kader tentang kedisiplinan. Mungkin beliau membawa budaya Eropa ke sini, kami banyak belajar disiplin,” jelas dia ditemui di rumah duka di Wiropaten, Kelurahan/Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Menurut Daryono, Quatly menjadi anggota DPRD Kota Solo tiga periode kemudian menjadi anggota DPRD Jateng pada Pemilu 2019.

Quatly memperoleh suara tidak lebih dari 30.000 suara. Jumlah suara yang didapat Quatly pada Pemilu 2024 sekitar 80.000 suara.

“Beliau rendah hati, mudah ditemui semua kalangan masyarakat. Beliau keturunan Arab seolah tak mengenal budaya Jawa namun beliau peduli dengan budaya Jawa. Kami kerap menggelar wayangan rutin,” ungkap dia.

Daryono mengatakan rencananya ada salat jenazah di Masjid Jami Assegaf, Selasa pukul 12.30 WIB. Jenazah akan dimakamkan di Klumprit, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Adapun keluarga yang berduka cita adalah istri Quatly, Wardah Basyir Alkatiri, dan tujuh orang anaknya, Hanifah Quatly Alkatiri, Harits Jundulah Alkatiri, Hamzah Jundulah, Alkatiri.

Kemudian Amrah Al Khonsa Alkatiri, Hudzaifah Saifullah Alkatiri, Maryam Quatly Alkatiri, dan Salim Quatly Alkatiri.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, kerabat dan para sahabat hilir mudik ke rumah duka di Wiropaten, Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin sore.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengirim ungkapan bela sungkawa dengan karangan bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya