SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Alby Albahi)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Alby Albahi)

PURWOKERTO – Manajer Humas PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Purwokerto Djumeno memastikan jaringan listrik saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) di wilayah Jawa Tengah bagian barat telah kembali normal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sampai sekarang kondisi jaringan SUTET sudah kembali normal dan tidak ada masalah lagi,” katanya kepada wartawan, di Purwokerto, Selasa. Menurut dia, jaringan SUTET antara Secang [Kabupaten Magelang] hingga Wonosobo dan Kebasen [Kabupaten Banyumas] hingga Pemalang mengalami gangguan pada Senin (13/5/2013). Gangguan tersebut, kata dia, mengakibatkan pasokan listrik ke sejumlah gardu induk terhenti sehingga listrik padam total pada Senin siang. “Pada Senin siang, pasokan listrik ke sejumlah gardu induk berkurang hingga 414 megawatt, sehingga tim teknisi dari PLN Transmisi segera memperbaiki jaringan SUTET yang mengalami gangguan,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Akan tetapi setelah selesai diperbaiki pada Senin siang, kata dia, jaringan SUTET kembali mengalami gangguan pada sore harinya. Akibatnya, lanjut dia, sepertiga wilayah Jateng terutama bagian barat kembali mengalami pemadaman listrik pada Senin sore hingga malam. Menurut dia, saat terjadi pemadaman pada Senin malam, pasokan listrik berkurang hingga 601 megawatt.

Ia mengatakan bahwa pemadaman listrik yang terjadi pada Senin siang dan malam itu terjadi akibat adanya gangguan. “Ini karena adanya gangguan, dan kami tidak ada rencana untuk melakukan pemadaman. Oleh karena itu, kami meminta maaf kepada pelanggan atas peristiwa padamnya listrik total di wilayah Jateng bagian barat yang kisarannya mencapai sepertiga wilayah Jateng,” katanya.

Menurut dia, pemadaman listrik ini tidak hanya terjadi di Area Purwokerto yang meliputi Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo, tetapi juga sampai ke wilayah Cilacap, Kebumen, Purworejo, Pemalang, dan Tegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya