SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengakases internet. (Adib Muttaqin Asfar/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SEOUL — Kebutuhan masyarakat akan jaringan internet cepat di Korea Selatan direspons otoritas penyedia layanan komunikasi setempat. Negeri ginseng itu menyiapkan sambungan internet dengan kecepatan mencapai 300 megabite per detik (mbps).

The Next Web, Senin (20/1/2014), melaporkan penyedia jasa layanan seluler di Korea Selatan, SK Telecom, mempersiapkan sambungan internet LTE-Advanced yang punya kecepatan hingga 300 mbps yang akan dirilis publik pada Juni 2014. Padahal, saat ini teknologi LTE hanya mampu digunakan pada kecepatan 75 mbps. SK Telecom disebut-sebut akan memperkenalkan versi 3 band dari LTE-Advanced yang punya kecepatan transfer data yang ultra tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini dilakukan dengan agregasi dua pita frekuensi berbeda, bandwidth 20 MHz di pita 1.8 GHz dan bandwidth 10 MHz di pita 800MHz. Dengan begitu, nantinya pengguna akan menerima benefit berupa kecepatan transfer data yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

SK sendiri akan memperkenalkan teknologi ini pertama kali pada gelaran 3 GSM di Barcelona pada Februari. Mereka juga berjanji bisa melakukan hal yang sama pada 4-5 pita frekuensi LTE.

Niat ini tentu membuat keki pengguna internet di Tanah Air. Dalam situs Netindex Indonesia berada pada kecepatan rata-rata download 3,33 mbps. Angka ini jauh lebih rendah dibanding Hong Kong yang berada di posisi pertama dengan kecepatan mencapai 71,22 MBPS.

Hal tersebut terungkap dalam tes yang dilakukan oleh Speedtest.net terhadap seluruh negara di dunia. Tes tersebut membandingkan kecepatan download seluruh negara di dunia. Dan hasilnya, Indonesia menempati posisi 150 dari total 186 negara yang ada di daftar Speedtest.net.

Bahkan di kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat bawah. Dari 10 negara, Indonesia ada di peringkat ke-9. Singapura berada di peringkat pertama menyusul kemudian Thailand, Vietnam, Brunei, Malaysia, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Berada di posisi buncit adalah Filipina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya