SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan bank (Dok/JIBI)

Fenomena ATM offline membuat usia satelit Telkom 1 disorot. Satelit itu telah beroperasi 18, padahal normalnya 15 tahun.

Solopos.com, JAKARTA — Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, mengakui telah terjadi gangguan pada satelit Telkom 1 karena pergeseran pointing antena. Masalah itu menyebabkan semua layanan transponder satelit tersebut terganggu dan sejumlah ATM mengalami offline sejak Jumat (25/8/2017) lalu.?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Benar pada hari Jumat kemarin telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga semua layanan transponders satelit Telkom 1 terganggu,” tuturnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati demikian dia menjelaskan tidak semua klien Telkom mengalami gangguan tersebut sebagaimana yang terjadi pada Bank Mandiri. Namun, dia memastikan Telkom telah melakukan recovery layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lain.

“Proses migrasi pelanggan Telkom 1 sudah dimulai dan dengan solusi migrasi ke satelit lain, layanan pelanggan dapat kembali berjalan normal,” katanya. Baca juga: 2.000 ATM Mandiri Kena Gangguan Satelit Telkom 1.

Sementara itu, riset harian dari PT BCA Sekuritas menunjukkan bahwa satelit Telkom-1 tersebut telah beroperasi selama 18 tahun dan dibangun oleh Lockheed Martin Space Systems. Sebagian ATM BCA juga mengalami offline akibat gangguan ini.

“Kami juga mencatat bahwa satelit tersebut biasanya hanya beroperasi sekitar 15 tahun. Yang tak kalah penting untuk dicatat bahwa TLKM berencana untuk meluncurkan satelit baru [Telkom-4] pada 2018,” tulis riset itu.

Direktur Eksekutif Indonesia Information and Communication? (ICT) Institute, Heru Sutadi, mengemukakan penyebab ribuan mesin ATM mengalami offline beberapa waktu lalu disebabkan oleh usia satelit Telkom 1 yang sudah memasuki usia uzur dan harus segera diganti.

“Jadi begini, usia rata-rata satelit itu kan 15 tahun. Nah kalau saya melihat dari informasi pemesanan sateit ini, usianya sudah 18 tahun dan sudah seharusnya satelit Telkom 1 ini pensiun,” tuturnya kepada Bisnis/JIBI di Jakarta, Minggu (27/7/2017).

Dia menjelaskan usia satelit biasanya dapat bertambah hingga lebih dari 15 tahun, jika selama proses peluncuran satelit tidak ada kendala dan selama beroperasi aman di angkasa. Namun menurutnya, usia satelit akan berkurang dari 15 tahun jika ada sejumlah kendala mulai dari tahap peluncuran hingga pada tahap operasional di angkasa.

“Nah, inilah yang menjadi penyebab sebuah satelit usianya dapat berkurang maupun bertambah, jadi semua itu tergantung dari tahap peluncuran sampai tahap pengoperasian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya