SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO-Komika Gebi Ramadhan meninggal di usia muda setelah berjuang melawan kanker hati.  Menurut dokter spesialis penyakit dalam Irsan Hasan, kanker hati memang bisa menyerang usia muda tapi dengan jenis yang mungkin berbeda. Anak-anak biasanya dengan jenis hepatoblastoma. Sementara pada mereka yang usia muda belasan tahun atau seperti usia Gebi yang sering ditemui adalah hepatocellular carcinoma.

“Pasien saya yang terkena kanker hati ada yang usianya belasan, ada yang 18 tahun dan ada yang seusia seperti Gebi ini,” kata dia seperti ditulis liputan6.com pada Rabu (16/1/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam praktiknya sehari-hari, Irsan kerap menemukan pasien yang datang terkena kanker hati karena terinfeksi hepatitis B dari sang ibu. Seperti diketahui virus hepatitis B merupakan penyakit yang bisa diturunkan dari ibu ke bayi. Orang yang terinfeksi hepatitis B terkadang tidak merasakan gejala penyakit tersebut. Mereka yang ketahuan terinfeksi banyak yang merasa kaget karena merasa badannya sehat-sehat saja.

“Saya sering mendengar pasien-pasien berkomentar seperti itu. Hati tidak punya saraf. Ketika ada gangguan, gejala yang ada tidak dirasakan secara langsung,” kata Irsan.

Seperti dikutip laman Hepatitis B Foundation, orang yang terinfeksi hepatitis B, kemungkinan terkena kanker hati meningkat menjadi 25-45 persen selama hidupnya. Kanker hati jarang diketahui di stadium awal. Biasanya, ketika sudah muncul gejala sakit perut bagian kanan atau tengah serta mual dan muntah baru orang yang mengalaminya datang ke dokter. Itu pun tidak langsung diketahui penyebabnya.

“Banyak pasien kanker hati yang datang ke saya setelah sebelumnya ke 2-3 dokter,” kata Irsan.

Akibatnya sering sekali pasien datang dalam kondisi sudah amat sulit diobati. Karena kanker di hati sudah besar sekali. Terkait eratnya hubungan antara hepatitis B dengan kanker hati, Irsan mengingatkan untuk melakukan pemeriksaan hepatitis B ketika medical check-up.

“Jangan lupa kalau medical check-up jangan cuma darah tapi juga USG sehingga bisa ketahuan,” bebernya. Pemeriksaan penting dilakukan mengingat ada sekitar 7,1 persen dari total populasi penduduk Indonesia terinfeksi hepatitis B.

Lalu, apa saja gejala kanker hati? Gejala yang dialami hampir serupa dengan penyakit hati kronis, di antaranya:

– Mata dan kulit terlihat kuning

– Mual dan muntah

– Gatal di seluruh tubuh

– Demam berkepanjangan dan tidak jelas akan penyebabnya

– Dihampiri rasa tidak nyaman atau nyeri pada perut kanan atas

– Ukuran hati membesar

– Penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas

– Gangguan kesadaran

Apabila Anda mendapati diri Anda dengan gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya