Janji Dinikahi, Perempuan Gunungkidul Ini Malah Kena Tipu

Terbuai janji dinikahi seorang perempuan asal Gunungkidul, DI Yogyakarta (DIY) tertipu puluhan juta yang dikenal lewat Facebook.

 Ilustrasi tak punya uang. (Liputan6.com).

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tak punya uang. (Liputan6.com).

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Terbuai janji dinikahi seorang perempuan asal Gunungkidul, DI Yogyakarta (DIY) tertipu puluhan juta. Polisi mengamankan seorang pria berinisial AK, 30 diduha sebagai penipunya.

Kasubbag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto menjelaskan, kejadian itu bermula saat korban seorang wanita berusia 38, warga Kalurahan (kelurahan) Pacarejo, Kapanewon (kecamatan) Semanu, Gunungkidul berkenalan dengan AK. Mereka berkenalan di Facebook, pelaku menggunakan akun Gery M pada September tahun 2020. Alhasil, keduanya saling bertukar nomor telepon dan berkomunikasi intens melalui aplikasi chat WhatsApp (WA).

“Hingga pada bulan Desember 2020 keduanya sepakat untuk bertemu di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta. Setelah bertemu, intensitas hubungan keduanya jadi semakin dekat,” ucap Suryanto saat dihubungi wartawan, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Polisi Tewas Kecelakaan Saat Memburu Preman Pemukul Pedagang

Selanjutnya, mulai bulan Januari hingga bulan Agustus 2021, AK yang merupakan warga Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Lampung sering meminta uang dari korban. Pelaku beralasan meminjam untuk modal usaha. Karena AK berjanji menikahinya, maka korban pun menuruti semua permintaan AK.

“Apalagi pelaku ini berjanji akan menikahi korban,” ujarnya.

Kejanggalan pun muncul saat korban meminta tolong kepada AK untuk membelikan motor. AK pun menyanggupinya dan meminta korban mentransfer uang yang akan digunakan untuk membeli motor senilai Rp14 juta.

“Karena sudah terlanjur percaya, korban kemudian memberikan uang sebesar Rp 14 juta kepada pelaku,” katanya.

Baca juga: 2 Hakim di Lampung Diskorsing Gegara Handphone

Namun, motor yang dijanjikan AK tak kunjung sampai di tangan korban. Merasa dirugikan, korban lantas membawa AK ke Polres Gunungkidul untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Janji pelaku untuk menikahi korban tidak juga ditepati. Korban yang merasa sudah tertipu akhirnya membawa dan menyerahkan pelaku ke Polres Gunungkidul,” ujarnya.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa kertas bukti transaksi transfer. Buku rekening, ATM dan dua unit ponsel. Terkait kerugian korban, Suryanto menyebut mencapai puluhan juta rupiah.

“Korban mengalami kerugian total sebanyak Rp 75 juta,” katanya seperti dikutip dari Detik.com.

Atas perbuatannya, AK disangkakan Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan. AK pun terancam mendekam di balik jeruji besi untuk kurun waktu yang tidak sebentar.

 

Berita Terkait

Espos Plus

Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

+ PLUS Volume Kubah Lava Merapi Bertambah 400 Bak Truk/Hari

Aktivitas erupsi efusif Gunung Merapi membentuk kubah lava yang salah satunya di bagian barat daya dengan volume mencapai 1.670.000 m3. dan pada bagian tengah mencapai 3.007.000 m3.

Berita Terkini

Ini Dia Pembela dan Penjaga Ustaz Yusuf Mansur

Bertabur doa mengiringi postingan Yusuf Mansur pada Jumat (14/1/2022) itu.

Aktivis Yakin Terdakwa Kasus Asabri Takkan Dihukum Mati

Dalam laporan tersebut ICJR menyebut hukuman mati sama sekali tidak mempunyai dampak positif terhadap pemberantasan korupsi di suatu negara.

Menko Luhut: Perusahaan Tak Boleh WFO 100 Persen

Luhut memprediksi puncak kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2022.

Jokowi Izinkan Gelaran MotoGP Mandalika Dihadiri 100.000 Penonton

Airlangga pun menyebut capaian vaksinasi di Mandalika dan wilayah sekitarnya sudah cukup tinggi.

Tidak Ada WNI Jadi Korban Tsunami Tonga, Ini Penjelasan Kemenlu

Kemlu) Indonesia menyebut tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam bencana tsunami di Tonga

15 Februari, Yusuf Mansur Jalani Sidang Dugaan Wanprestasi Batu Bara

Pada persidangan gugatan investasi hotel di PN Tangerang, Yusuf Mansur tidak hadir dan mewakilkan kepada tim penasihat hukumnya.

DKI Jakarta Jadi Medan Perang Menghadapi Omicron

Pasalnya, dia menyebut 90 persen lebih transmisi lokal varian Omicron terjadi di DKI Jakarta.

Mahfud Md. Arahkan Kasus Dugaan Korupsi di Kemenhan Diproses Pidana

Mahfud memutuskan untuk segera berhenti sekadar melakukan rapat dan mengarahkan agar kasus tersebut diproses secara hukum.

Omicron Meningkat, Kemenag Hentikan Sementara Pengiriman Jemaah Umrah

Kemeng menghentikan sementara penerbangan jamaah umrah mulai 15 Januari dalam upaya mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) termasuk memantau perkembangan varian Omicron.

+ PLUS Metaverse IKN Baru Dibangun untuk Siapa?

Pemerintah siapkan metaverse untuk Ibu Kota Negara (IKN) baru dan menyebut Indonesia berpeluang mengembangkan metaverse karena memiliki latar belakang nilai-nilai luhur bangsa dan kearifan lokal

Balad Erick Thohir Bergerak Menuju Pilpres 2024

Salah satu alasan penting pihaknya mendeklarasikan Erick Thohir menjadi Capres 2024 adalah pentingnya segera mencari sosok pengganti Presiden Jokowi.

Hari Ke-30 Yasinan Yusuf Mansur, Warganet: Panik Gak Taz?

Berdasarkan pengamatan pukul 18.00 WIB, hanya ada dua akun yang berkomentar nyinyir terhadap postingan Ustaz Yusuf Mansur.

+ PLUS Candi Prambanan Sudah Bisa Menjadi Tempat Ibadah Massal Umat Hindu

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginformasikan Candi Prambanan kini bisa digunakan sebagai tempat ibadah massal bagi umat Hindu Indonesia dan dunia. 

Keberhasilan Transplantasi Organ Babi dan Utang Halangi Transisi Energi

Transpalansi organ babi pada manusia berhasil dan muncul permasalahan etik. Terpisah, kelebihan batu bara halangi transisi energi PLN.

+ PLUS Kelebihan Kapasitas Batu Bara dan Utang Halangi Transisi Energi PLN

Laporan terbaru Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA) menjelaskan raksasa keuangan Jepang dan China bertanggung jawab atas ekspansi tenaga batu bara Indonesia yang berlebihan selama 15 tahun terakhir.

Di Gunung Ini Ada Petilasan Ki Semar, Sosok Leluhur di Tanah Jawa

Inilah lokasi petilasan Ki Semar yang dianggap leluhur atau nenek moyang di Tanah Jawa.