SOLOPOS.COM - Janggan Purbojati, 12, (kiri), menghadap Bupati Kulonprogo, Sutedjo, pamitan dan minta restu akan mengikuti lomba dalang anak dan remaja tingkat nasional, pada Selasa (26/10/2021). (Istimewa/Pemkab Kulonprogo)

Solopos.com, KULONPROGO — Bocah umur 12 tahun asal Kulonprogo, Janggan Purbojati, bakal mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam perlombaan dalang anak dan remaja tingkat nasional. Festival untuk menyaring dalang muda sudah dilaksanakan Dinas Kebudayaan Kulonprogo rutin setiap tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan Kulonprogo, Niken Probo Laras, menuturkan bocah asal Kulonprogo itu berasal dari kalurahan Kaliagung, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulonprogo. “Janggan akan mewakili Provinsi DIY di festival dalang anak dan remaja tingkat nasional. Akan dilaksanakan secara daring di Dinas Kebudayaan DIY. Janggan berhak maju ke tingkat nasional setelah meraih juara satu festival dalang anak dan remaja se-DIY. Diselenggarakan 4 sampai 6 Oktober 2021. Dia kategori dalang anak wayang golek,” kata Niken pada Rabu (27/10/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Sedih! Ratusan Anak di Banyumas Jadi Yatim Piatu Gegara Covid-19

Janggan pada tahun lalu berhasil menyabet juara 1 di Festival Dalang Anak dan Remaja se-DIY. Hanya saja, saat itu Janggan mengikuti lomba kategori wayang kulit belum berhasil maju ke tingkat nasional.

“Harapan kami karena wayang golek ini kan tidak banyak yang bisa atau yang ahli. Karena jarang orang yang mampu untuk dalang wayang golek ini. Ya mudah-mudahan menang, membawa nama baik Kulonprogo,” tutur Niken.

Niken menyampaikan Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulonprogo rutin menggelar Festival Dalang Anak dan Remaja setiap tahun. Sedangkan, untuk kategori wayang golek, baru diselenggarakan tahun ini.

Baca Juga : Lontong Tuyuhan Khas Rembang Penuh Makna

Dalang cilik yang tercatat sebagai siswa kelas 7 di SMP Negeri 1 Pengasih ini pada Selasa pagi (26/10/2021) menghadap Bupati Kulonprogo, Sutedjo. Dia berpamitan dan minta restu karena akan mengikuti lomba dalang anak dan remaja tingkat nasional.

Sutedjo memberikan doa dan semangat kepada Janggan. Ia berharap Janggan dapat menampilkan kemampuan terbaik saat mengikuti lomba dalang tingkat nasional. “Semoga bisa mendapatkan hasil terbaik,” ujar Sutedjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya